Tips Hamil

Kamis, 03 Juli 2014

Nisan Yang Terpisah di Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Makam Siti Fatimah Binti Maimun adalah situs makam Islam kuno. Situs ini berlokasi di Desa Leran, Kecamatan Manyar , Gresik - Jawa Timur dengan menempati lahan yang sangat luas.



Makam ini mempunyai bentuk yang indah , khas dan klasik. Cungkup makamnya terbuat dari batu bata putih dengan bentuk kotak dan semacam piramida di bagian atasnya. Beberapa gapura kuno menjadi pintu masuknya.

 

Sepintas, tak ada yang berbeda dengan wujud makam Siti Fatimah Binti Maimun dengan makam-makam kuno yang bersejarah dan dikeramatkan lainnya. Ada kain hijau yang menyelubungi batu nisan itu dengan taburan bunga setaman. Tersulam dengan benang warna kuning nama Siti Fatimah Binti Maimun di kain itu.



Bagi yang belum tahu, mungkin mengira tak ada yang aneh dengan batu nisan itu. Tetapi ternyata, batu nisan yang asli pada makam itu sudah terpisah dari tempatnya dan kini berada di lokasi yang berjarak ratusan kilometer.



Hal ini karena batu nisan makam Siti Fatimah Binti Maimun yang asli menjadi koleksi di Museum Majapahit di daerah Trowulan - Mojokerto. Pada batu nisan yang asli dan berwarna hitam itu terdapat ornamen dan tulisan dengan huruf Arab bergaya Kufi.



Terpisahnya batu nisan makam itu tentu bisa dimaklumi karena keberadaannya sangat penting sebagai jejak sejarah, budaya dan peradaban Islam pada masa lampau. Makam Siti Fatimah Binti Maimun diyakini merupakan makam Islam tertua di nusantara dan Asia Tenggara.


Siti Fatimah Binti Maimun juga  dikenal dengan nama “ PUTRI RETNO SUWARI ”. Putri dari Sultan Mahmud Syah Alam dari Negeri Kamboja ini dengan ikhlas menyediakan dirinya sebagai wanita persembahan untuk mengislamkan Raja Majapahit yang beragama Hindu.


Di dalam makam Siti Fatimah Binti Maimun juga terdapat makam dayang-dayangnya yaitu Putri Keling, Putri Kucing, Putri Seruni dan Putri Kamboja.
 

Selain itu ada pula delapan makam kuno lainnya di luar bangunan makam Siti Fatimah Binti Maimun. Yang unik dan aneh, entah kenapa ke delapan makam itu memiliki panjang 9 meter.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar