Tips Hamil

Minggu, 15 Februari 2015

Berwisata Edukasi Green Industri Bersama Semen Indonesia


Pabrik Semen Indonesia adalah perusahaan yang besar. Tak mudah bagi publik untuk bisa masuk ke dalam perusahaan itu. Apalagi bisa menyimak langsung dan berkeliling ke lokasi pabriknya yang sangat luas dengan penjagaan yang ketat.


Saya merasa beruntung bisa mendapatkan kesempatan berkunjung ke lokasi Pabrik Semen dengan segala aktifitasnya. Kesempatan itu saya peroleh dalam kegiatan Wisata Edukasi Green Industry yang diadakan pada hari Sabtu , 14 Februari 2015.


Bersama rekan-rekan dari komunitas Blogger Rembang dan unsur-unsur lainnya, acara dimulai dengan berkumpul di halaman Wisma Ahmad Yani di Kota Gresik yang berada dalam kawasan Kantor PT. Semen Indonesia.



Dengan menggunakan kendaraan berupa 1 unit bis pariwisata, 1 unit mobil ELF dan beberapa unit mobil lainnya, rombongan kemudian diajak menuju ke industri jasa bordir dan pembuatan kopyah di daerah Sidokumpul - Gresik yang merupakan mitra usaha binaan PT. Semen Indonesia.


Perjalanan kemudian berlanjut menuju Tempat Pengolahan Sampah ( TPS ) milik PT. Semen Indonesia yang berlokasi di lahan dekat Telaga Ngipik - Gresik. Dengan menggunakan masker karena bau sampah yang menyengat, peserta mendapat penjelasan tentang bagaimana bentuk kepedulian PT. Semen Indonesia dalam membantu menangangi masalah sampah yang datang dan menggunung setiap harinya.


Dari TPS ini, tujuan berikutnya adalah menuju pabrik Semen Indonesia di daerah Tuban yang berjarak sekitar 2,5 jam waktu perjalanan dari kota Gresik. Sesampai di lokasi pabrik Tuban, peserta rehat dengan makan siang dengan hiburan musik electone.


Setelah itu acara berlanjut dengan penyampaian materi Wisata Edukasi Green Industry Semen Indonesia dengan bertempat di Ruangan Auditorium. Tetapi sebelumnya diawali dengan penampilan tiga comic yang menunjukkan aksi Stand Up Comedynya. Peserta dan panitia tentu tertawa mendengar aksi dan celotehan-celotehan lucu mereka. 


Untuk materi Wisata Edukasi Green Industry dibawakan oleh team dari PT. Semen Indonesia seperti Bapak Ir.  Prasetyo Utomo  - Direktur Produksi PT. Semen Indonesia, Bapak Abimanyu, BapakHeru Indra Wijayanto, Bapak Aris Sunarso, Bapak Gatot Mardiana dan Bapak Hery Kurniawan.


Inti dari materi-materinya adalah penjelasan tentang Pabrik Semen Indonesia lokasi di Tuban dan Pabrik Semen Indonesia lokasi di Rembang.Selain itu juga ada materi tentang CSR PT. Semen Indonesia dengan menampilkan beberapa mitra usaha binaan PT. Semen Indonesia di Tuban dan pihak-pihak yang telah mendapatkan manfaat dari keberadaan 
pabrik semen itu.


Acara ini diselingi dengan pembagian Door Prize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan tentang Semen Indonesia. Seusai penyampaian materi, acara berlanjut dengan meninjau dan berkeliling lokasi pabrik Semen Indonesia dan daerah-daerah di sekitarnya . Tentu saya tidak melewatkan kesempatan untuk memotret sebanyak mungkin apa saja hal yang bagus untuk difoto mengingat ini adalah momen yang sangat langka.




Sebagai acara terakhir adalah kunjungan ke sentra industri Batik Gedog Sekar Ayu yang berada di daerah Kerek, sekitar 10 km dari lokasi Pabrik Semen Indonesia. Sentra Batik gedog ini merupakan mitra usaha binaan PT. Semen Indonesia. Banyak peserta yang membeli oleh-oleh Batik Gedog saat berkunjung ke sana. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar