Tips Hamil

Senin, 27 April 2015

Oleh-oleh Sari Buah Mengkudu Di Situs Giri Kedaton


Ada hal yang menarik di situs Giri Kedaton yang merupakan jejak istana Sunan Giri, salah satu ulama besar penyebar agama Islam di Pulau Jawa pada masa lampau. Saat saya berkunjung di sana, di bagian atas situs itu terdapat toples-toples berukuran besar dengan terdapat rendaman buah mengkudu atau pace.


Dalam toples itu tampak air rendamannya yang berwarna orange atau coklat. Air itu berasal dari proses fermentasi alami dari buah-buah pace yang ada di dalam toples. 


Walau sudah bertutup rapat, ternyata bau menyengat yang tidak enak masih tercium di sekitar toples-toples itu.



Tentu saja saya merasa penasaran dengan adanya rendaman buah pace itu. Ternyata air rendaman itu merupakan oleh-oleh yang khas di situs Giri Kedaton dan dipercaya bisa membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit.


Adalah Bapak Gilang (48 th ) yang sudah selama 2 tahun menjadi pelaku usaha pembuatan sari buah pace itu. Dia berusaha memanfaatkan dari banyaknya tanaman pace di sekitar situs bersejarah ini yang sebelumnya berjatuhan dan berserakan di sana tanpa ada yang memanfaatkannya.


Dalam proses pembuatannya, Pak Gilang berusaha mengumpulkan buah-buah pace yang segar, matang dan berjatuhan di tanah. Setelah itu buah pace dimasukkan ke dalam toples dan ditempatkan di lahan datar di depan mushola yang berada di atas situs Giri Kedaton agar terjadi proses feremntasi secara alami di bawah panas matahari dan dinginnya udara malam.




Proses fermentasi itu terjadi selama beberapa hari. Untuk buah pace yang sudah tidak segar segera dikeluarkan dari dalam toples dan diganti dengan buah pace yang baru dan segar.



Sari buah pace dengan isi 600  Ml itu dikemas dalam botol plastik dan dilapisi aluminium foil dengan harga Rp 50.000 per botol. Merek yang digunakan oleh Pak Gilang adalah Bio Satmata karena untuk mengenang Sunan Giri yang bergelar Prabu Satmata.


Pak Gilang sangat yakin dengan banyaknya khasiat yang bisa diperoleh dari rendaman buah pace itu. Karena memang sudah banyak penelitian tentang hal itu yang juga diperkuat dengan salah satu ayat suci Al Qur'an yang pada intinya menjelaskan bahwa Allah memberkahi tempat-tempat yang tinggi. Seperti halnya lokasi situs Giri Kedaton yang berada di dataran tinggi.

Bagi Anda yang berminat mendapatkan Sari Buah Mengkudu Bio Satmata dari situs Giri Kedaton itu bisa menghubungi via telepon / SMS dengan :

 Bapak Gilang - 0857 3230 5678.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar