Tips Hamil

Selasa, 26 Mei 2015

Semaraknya Arak-arakan Pengantin Sunat Di Tuban


Ada yang menarik perhatian saya ketika melintas di Jalan Agus Salim di kawasan Makam Agung - Tuban pada sore hari. Saat itu dari kejauhan tampak arak-arakan yang sangat ramai dengan kawalan oleh beberapa personel polisi dengan raungan sirene pada motornya. Selain itu juga terdengar suara drum band.



Semula saya menganggap ada rombongan pawai atau karnaval di sana. Tetapi anggapan saya keliru karena ternyata arak-arakan itu mengawal seorang bocah laki-laki yang menjadi Pengantin Sunat, sebutan bagi bocah pria yang diarak dengan mengenakan pakaian dan perlengkapan khusus sebelum disunat ( dikhitan ) .




Tentu saja arak-arakan pengantin sunat itu menarik banyak perhatian warga Tuban yang dilintasi oleh rombongan. Hal ini karena cukup langkanya arak-arakan pengantin sunat dengan prosesi secara tradisional.

Bocah pengantin sunat itu berada di belakang barisan group drum band. Ada banyak remaja yang mengelilinginya. Sementara sang bocah tampak menunggang kuda dengan mengenak kostum tradisional berwarna hijau muda dan hijau tua. Ada untaian kalung bunga dan aksesoris berwarna emas di leher dan dadanya.




Dia juga mengenakan mahkota berwarna emas dengan hiasan untaian bunga melati di kepalanya. Senjata keris ada di balik punggungnya yang semakin menambah pesona wibawanya. Dia benar-benar laksana seorang raja sehari.

Selain sang bocah yang berdandan, kuda yang dia tunggangi juga berhias bunga dan ornamen warna-warni. Kuda itu dikawal seorang pria dewasa yang mengendalikan jalannya kuda.

Di belakang rombongan pengantin sunat ada juga dua becak mini yang juga dihias dengan kertas dan kain warna-warni. Setiap becak mini itu juga terdapat sepasang bocah dengan kostum pengatin. Mereka adalah kerabatnya pengantin sunat yang berkostum seperti itu untuk menyemarakkan suasana arak-arakan.




Sayang, beberapa bocah lainnya yang ikut naik ke becak itu justru tampak menggangu keindahan suasana pengantin bocah di becak itu.  Pengantin sunat itu berasal dari Kelurahan Kingking yang merupakan daerah pesisir di Kota Tuban. Sedangkan arak-arakannya mengelilingi jarak sekitar 3 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar