Tips Hamil

Selasa, 03 Juni 2014

Arca Dewa Wisnu Yang Indah di Museum Majapahit

Arca Dewa Wisnu itu sangat indah sekali. Menggambar sosok Wisnu yang sedang menunggang burung garuda. Selain ukurannya yang cukup tinggi dan besar, juga karena keindahan pada detail dan ornamennya.



Arca Dewa Wisnu itu merupakan salah satu koleksi yang bisa dijumpai di Museum Majapahit di daerah Trowulan - Mojokerto, Jawa Timur. 

 
Arca itu ditempatkan di bagian terbuka pada belakang museum bersama dengan koleksi arca-arca dan benda-benda terbuat dari batu lainnya.


Cukup menarik menyimak arca yang berwarna hitam keabuan itu.Wisnu adalah salah satu Dewa Trimurti berkedudukan sebagai dewa pemelihara. Diceritakan bahwa pada waktu melawan Vitra, raksasa yang menguasai kekeringan ia menang sehingga kemudian Dewa Wisnu disembah sebagai atau memelihara dunia.


Dewa Wisnu biasanya digambarkan bertangan empat, masing-masing membawa sankha lambang pembebasan manusia dari kesulitan, cakra lambang perputaran dunia, gada lambang kekuatan dan padma lambang kebebasan.


Arca yang mengagumkan ini ternyata  merupakan penggambaran Airlangga, Raja Kahuripan, yang dipercaya sebagai titisan Dewa Wisnu. Setelah membagi Kahuripan menjadi Kediri (Dhoho/Panjalu) dan Jenggala tahun 1045, Airlangga menjadi pertapa bergelar Resi Gentayu. 


Ketika ia meninggal pada 1049, patung itu dibuat untuk memujanya sebagai jelmaan Wisnu, dewa penyelamat dan penjaga dunia. Garuda yang ditungganginya juga merupakan simbol kerajaan Kediri (Garudamukha). Burung Garuda itu memiliki sosok dengan tubuh seperti manusia tetapi memiliki paruh, cakar dan sayap laksana burung. 
 



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar