Tips Hamil

Jumat, 13 Maret 2015

Batu-batu Permata Yang Unik dan Indah Di Lamongan


Heboh berita tentang batu akik dan batu permata di berbagai daerah di nusantara akhir-akhir ini membawa ingatan saya tertuju pada hal serupa di daerah Lamongan - Jawa Timur. Di sana terdapat cukup banyak batu yang indah dan berharga dalam berbagai bentuk dan ukuran.



Di antara koleksi itu terdapat sebuah batu yang cukup besar. Batu itu pada bagian luarnya berwarna abu-abu dengan bentuk yang tidak beraturan. 



Sepintas mirip dengan batu biasa. Tetapi siapa sangka setelah batu itu diiris dan dihaluskan dengan alat khusus , ternyata bagian dalam batu itu sangat indah sekali.


Batu itu bagian dalamnya tampak berkilauan dengan terdiri dari tiga warna yaitu emas, ungu dan putih bening. Formasi warnanya juga tertata dengan indahnya. Entah sampai berapa nilai dan harga batu itu di tengah meroketnya harga batu-batu permata saat ini.

View Video - Batu Permata di Lamongan # 1

Batu jenis Amethys itu merupakan salah satu dari koleksi bebatuan yang ada di wahana Galeri Batu Permata ( Gem Stones Galeri ) yang ada di kawasan wisata Gua Maharani. Wahana ini tidak ada tiket masuknya karena sudah merupakan layanan dari tiket terusan wisata ini.

View Video - Batu Permata di Lamongan # 2

Lokasinya mudah dituju karena dekat dengan wisata Gua Maharani. Semua pengunjung setelah mengelilingi Gua Maharani tentu akan melewati dan masuk ruangan-ruangan wahana ini. Di ruangan-ruangan itulah koleksi batu-batu itu seperti jenis Saphire, Giok, Calcite dan sebagainya ditampilkan.



Semua koleksi itu dipajang dalam etalase kaca dengan dilengkapi kamera pengawas ( CCTV ) karena batunya yang unik, langka dan harganya mahal. Selain diperoleh dari berbagai daerah di nusantara, beberapa diantaranya diperoleh dari luar negeri.


Cukup menarik menyimak keindahan batu-batu itu. Ada yang indah dari segi tekstur dan warnanya, motifnya, permukaannya dan sebagainya. Setiap batu disertai informasi tentang nama , asal, skala kekerasan batu dan mitos atau legenda mengenainya.Beberapa batu juga dilengkapi dengan cahaya lampu yang semakin menunjukkan pesona keindahannya.



Selain ada koleksi batu jenis fosil, Di sana juga terdapat alat modern untuk mengetahui tentang batu-batu itu. Sayang , alat canggih itu hanya pajangan saja karena tak ada informasi atau demo cara penggunaan alatnya kepada para pengunjung.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar