Tips Hamil

Sabtu, 21 Maret 2015

Jejak Sejarah Nama Tuban Di Pemandian Bektiharjo


Ada yang istimewa dengan sumber air yang berada di kawasan Pemandian Bektiharjo, Semanding - Tuban - Jawa Timur. Di sana terdapat beberapa sumber air alami dengan airnya yang jernih dan tak pernah kering walau pada musim kemarau. Sumber air itu berada dalam naungan pepohonan yang besar dan rindang.



Yang menarik, konon sumber air itu berkaitan dengan sejarah dan legenda asal mula nama Tuban. Konon , nama Tuban berasal dari frase kata bahasa Jawa " Metu Banyune " yang berarti Keluar Airnya.


 Legenda itu sudah ada sejak lama dan berkembang dalam warga Tuban hingga saat ini. Berbagai buku sejarah pada umumnya mencantumkan legenda itu dalam kisah sejarah tentang Tuban.




Sumber air Pemandian Bektiharjo berjarak sekitar 5 km arah selatan dari pusat kota Tuban yang bisa dengan mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sayang, untuk angkutan umumnya sangat jarang yang menuju ke sana.

Sumber air alami itu sendiri ada dua lokasi yaitu yang berada di kawasan luar dan kawasan dalam. Untuk kawasan luar digunakan sebagai sumber air minum dan untuk tempat mandi warga setempat.


Sedangkan yang kawasan dalam dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata lengkap dengan permainan dan kolam renang. Di wisata Pemandian Bektiharjo inilah terdapat banyak monyet yang bergelantung di pohon atau hilir mudik dan berlarian di antara pengunjung.


Ada misteri tentang monyet-monyet itu karena suatu saat Anda bisa menjumpai banyak monyet berkeliaran di sana. Tetapi pada saat yang lainnya, Anda tidak bisa menjumpai satu ekor monyet pun yang tampak berkeliaran di sana.Keberadaan monyet-monyet itu menjadi salah satu daya tarik wisata Pemandian Bektiharjo ini. 


Selain legenda Metu Banyune, nama Tuban juga berkaitan dengan legenda Watu Tiban yang kini menjadi koleksi di Museum Kambang Putih di pusat Kota Tuban.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar