Tips Hamil

Selasa, 24 Maret 2015

Brankas Kuno Yang Unik Di House Of Sampoerna

Ada banyak koleksi yang menarik di House of Sampoerna - Surabaya.  Sesuai dengan namanya, di museum itu menyimpan banyak benda kuno yang berkaitan dengan sejarah industri rokok Sampoerna di Indonesia.



Di antara benda-benda kuno itu terdapat koleksi berupa dua lemari besi ( brankas ) yang ditempatkan dalam ruangan kedua. Brankas yang berwarna coklat berukuran sekitar 1,5 m x 0,5 m x 0,5 m itu berbahan kayu pada bagian luarnya dan besi baja pada bagian dalamnya.

 Pada bagian luar erhias ornamen ukir-ukiran dan aksesoris lainnya dengan motif kepala singa.Selain sebagai hiasan, ornamen besi itu juga untuk menutupi lubang kunci dan kunci dengan kode rahasia sebagai pengaman brankas.



              View Video - Brankas Kuno

Ada pula lempengan besi kecil yang bertuliskan N.V. Handel - Maatschappij E. Back ( Semarang - Java ). Pada lempengan besi lainnya terdapat tulisan Julius Schuler Gelaschbank Fabrik Hamburg & Altone dan tahun 1859.



       View Video - House Of Sampoerna

Sedangkan pada bagian dalamnya terdapat sekat-sekat besi seperti lemari besi pada umumnya dengan lubang kunci pengamannya. Yang menarik, di balik pintu brankas itu ada tempelan lukisan kuno warna hitam putih dengan gambar kincir angin dan perahu layar.


                           View Video - Keramik Kuno

Di sekitar brankas kuno ini terdapat koleksi berupa foto-foto nostalgia pabrik rokok Sampoerna , foto-foto direksi dan komisaris, kemasan korek api kuno  dan lukisan .


Sedangkan di ruangan lainnya menyimpan koleksi berupa keramik - keramik kuno, piala dan kristal , aneka jenis tembakau dan cengkeh, mesin cetak kuno, memorabilia marching band Sampoerna dan sebagainya.




                      View Video - Mobil Rolls Royce Sampoerna

Pada halaman luar terdapat koleksi berupa dua mobil Rolls Royce kuno milik salah satu putra dari Dinasti Sampoerna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar