Tips Hamil

Minggu, 15 Maret 2015

Jejak Sejarah TNI AU Di Museum Dirgantara Mandala


Museum Dirgantara Mandala adalah nama salah satu museum yang ada di daerah Yogyakarta. Museum ini sangat menarik karena koleksinya yang khas dan tematik. Rasanya museum dengan koleksinya yang cukup banyak dan lengkap ini tidak ada kembarannya di daerah nusantara lainnya.



Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan koleksi yang berkaitan dengan sejarah TNI Angkatan Udara, salah satu unsur militer di Indonesia. Museum Dirgantara Mandala berlokasi di kompleks Pangkalan TNI AU Lanud Adi Sutjipto - Yogyakarta dengan jam buka hari Senin hingga Minggu pukul 08.30 - 15.00.


Koleksi museum ini ada yang ditempatkan di dalam dan luar ruangan. Karena itu, di halaman luarnya ada koleksi yang menampilkan beberapa pesawat udara dan helikopter yang pernah digunakan dalam dinas dan sejarah TNI AU.


Tentu saja pesawat-pesawat itu menjadi latar belakang untuk berfoto ria oleh wisatawan karena mereka bisa berfoto dan bergaya dengan pesawat dalam jarak yang cukup dekat. Peluru kendali ( Rudal ) juga terpajang di sana.
 

Selain itu juga ada monumen dengan sosok penerbang yang di bawahnya bertuliskan semboyan : Our Missions : Fly and Fight.


Memasuki ruangan demi ruangannya terpajang koleksi berupa seragam yang digunakan oleh TNI Angkatan Udara baik oleh para pimpinan dan pasukannya. Ada juga pajangan perkembangan seragam militer dari masa ke masa.Begitu pula aneka senjata yang dulu digunakan dalam dinas militer bisa dijumpai .


Yang menarik adalah adanya koleksi berupa aneka jenis pesawat udara yang karena faktor usia sudah tidak digunakan lagi dalam dinas militer. Banyak di antaranya  merupakan pesawat-pesawat yang legendaris dalam sejarah perjuangan Indonesia.


Koleksi pesawat itu ditempatkan dalam ruangan semacam hangar pesawat terbang yang sangat luas dan bisa menampung banyak pesawat. Salah satu pesawat itu bisa dinaiki oleh pengunjung sehingga bisa mengetahui apa dan bagaimana isi dalam pesawat terbang.


Di bagian lainnya terpajang koleksi berupa kendaraan tempur militer seperti tank, panser, hover, meriam , bom, peluru kendali dan sebagainya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar