Tips Hamil

Senin, 30 Maret 2015

Misteri Makam Mpu Supo di Gresik


Mpu Supo adalah nama yang legendaris dalam sejarah dan budaya Jawa karena merupakan merupakan Mpu ( pembuat keris ) yang sakti dan terkenal pada masa lampau. Keris-keris kuno yang fenomenal  diyakini merupakan karya Mpu Supo seperti Keris Kanjeng Bronggot Setan Kober , Keris Kanjeng Kyai Sengkelat ,Keris Kanjeng Nogososro Sabuk Inten  dan Keris Kala Munyeng.


Yang menarik dan menjadi misteri adalah adanya makam Mpu Supo yang diyakini ada di berbagai daerah seperti di Gresik, Malang, Wonosobo, Tuban , dan lainnya. Entah bagaimana kisahnya, ada banyak daerah yang mengklaim adanya Makam Supo di sana. 


Di Gresik sendiri ada dua makam Mpu Supo yaitu berada di situs sejarah Giri Kedaton dan kawasan Gua Surowiti. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa di Gresik ada dua makam yang berbeda untuk sosok yang sama? 



Untuk Makam Mpu Supo yang ada di situs Giri Kedaton itu tak berbeda dengan makam-makam kuno lainnya. Andai tak ada papan nama bertuliskan Makam Mpu Supo, mungkin makam itu tak akan menarik perhatian pengunjung. Apalagi dengan letaknya yang berada di bukit yang cukup tinggi.


Makam Mpu Supo ini berada di sisi timur tangga menuju ke situs Giri Kedaton. Tak jauh dari Makam Mpu Supo ada dua makam kuno lainnya. Sedangkan makam Mpu Supo di beri pagar besi. Makam itu memiliki nisan yang terbuat dari batu kuno dengan motif pahatan bergaya klasik.


Tak ada bangunan atau benda-benda kuno lainnya di sana. Yang ada justru makam Mpu Supo yang sudah berkeramik. Batu Nisannya juga telah diberi cat. Pemberian keramik dan pengecatan batu nisan itu tentu sangat disayangkan. 


Walau tampak bersih dan nyaman, tetapi hal itu justru merusak keaslian situs kuno itu. Bagi pecinta sejarah dan budaya, tentu lebih mengagumkan jika melihat makam Mpu Supo itu dalam keadaan aslinya. Bila keadaannya seperti saat ini, tentu tak berbeda dengan makam-makam modern lainnya. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar