Tips Hamil

Sabtu, 09 Agustus 2014

Nostalgia Foto-foto R.A. Kartini di Kota Rembang

Ada banyak hal yang menarik di Kota Rembang - Jawa Tengah. Di kota yang banyak terdapat bangunan kuno ini terdapat sebuah museum yang bernuansa sejarah dan perjuangan bangsa yaitu Museum R.A. Kartini.



Sesuai dengan namanya, museum yang menempati bangunan kuno tempat kediaman para Bupati Rembang pada masa lampau ini menyimpan koleksi benda-benda yang berkaitan dengan sejarah Raden Adjeng Kartini, yang merupakan pahlawan nasional pejuang hak dan emansipasi kaum wanita.


Di antara koleksi museum itu terdapat koleksi berupa foto-foto lama yang berwarna hitam dan putih. Foto-foto itu dipajang pada ruangan kamar pribadi R.A. Kartini yang berada pada samping kanan bagian depan rumah induk.


Di ruangan ini terpajang foto-foto R.A. Kartini bersama suaminya yaitu K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan Bupati Rembang pada masa lampau. Ada pula foto putra satu-satunya R.A. Kartini yang bernama Raden Mas Soesalit Djojoadhiningrat  baik semasa anak-anak hingga dewasa dan bertugas di kemiliteran. 


Yang menarik, ada foto anak R.A Kartini yang sebenarnya laki-laki itu tetapi mengenakan pakaian perempuan. Hal ini karena R.A. Kartini sangat mendambakan memiliki anak yang berjenis kelamin perempuan.




Sedangkan foto-foto lama terpajang di ruangan bagian belakang museum. Foto-foto lama itu menggambarkan R.A. Kartini bersama saudara-saudara perempuannya . Ada juga foto-foto R.A. Kartini bersama murid-muridnya saat mengajar di sekolah R.A. Kartini yang dia rintis. 


Tampak dalam foto itu baik R.A. Kartini dan para muridnya mengenakan pakaian tradisional Jawa. Di sana juga terpajang pula foto-foto teman-teman R.A. Kartini dari negara Belanda.


Berada di museum ini dan menyimpan koleksi foto-foto lama seakan membawa kita bernostalgia pada jejak sejarah dan perjuangan R. A. Kartini pada masa lampau.


Sedangkan makam R.A. Kartini berada di Desa Bulu, Mantingan yang berjarak sekitar 20 km dari Museum R.A. Kartini.


-------



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar