Tips Hamil

Jumat, 01 Agustus 2014

Jejak Pertempuran Di Gedung Telkom Surabaya

Ada banyak bangunan kuno dan bersejarah di sekitar kawasan Jembatan Merah yang legendaris di kota Surabaya. Salah satunya adalah bangunan yang dikenal dengan nama Gedung Telkom Garuda.


Nama itu disematkan karena selain berada di Jalan Garuda No 8, gedung itu juga menjadi salah satu kantor operasional PT. Telkom Indonesia.


Gedung Telkom Garuda didominasi oleh warna putih dan tampak indah dan megah. Bentuk dan arsitekturnya bergaya bangunan ala kolonial Belanda dengan banyak jendela besar dan pilar-pilarnya yang tampak kokoh.
 

Pada masa kolonial  tahun 1925, gedung ini dikenal  dengan nama Kantor Tilpon Utara yang menjadi pusat pengendali telepon di Surabaya. Sedangkan pada masa revolusi menjadi lokasi pertahanan pejuang Surabaya saat pertempuran dengan tentara Sekutu ( Inggris ) yang bermarkas di Gedung Internatio yang berada di gedung di seberangnya.


Yang menarik, gedung ini juga berhadapan langsung dengan Gedung Ex De Javasche Bank. Dari lantai atas gedung museum Bank Indonesia itu kita melihat langsung sosok bangunan Gedung Telkom Garuda dari ketinggian.


Menurut Chrisyandi Tri Kartika dari Indonesian History, dari jendela-jendela yang ada di gedung De Javasche itulah juga terjadi pertempuran yang sangat sengit antara tentara Sekutu dengan pejuang di Surabaya.


Gedung Telkom ini juga berseberangan dengan bangunan kuno Penjara Kalisosok yang legendaris karena dulu dikenal sebagai penjara yan kejam dan ekstra ketat penjagaannya.



Sesuai SK Walikota Surabaya No 188.45/251/402.104/1996 No urut 20, Gedung yang terdiri dari setidaknya tiga lantai ini juga menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang menjadi tujuan wisata sejarah, heritage dan perjuangan di Surabaya.

View Video - Penjara Kalisosok 


Tak jauh dari Penjara Kalisosok ini terdapat House of Sampoerna yang menyimpan koleksi benda-benda yang berkaitan dengan sejarah industri rokok sampoerna.

View Video - Bunker Kuno  

Sedangkan berseberangan dengan Gedung De Javasche Bank terdapat bangunan bunker kuno yang bersejarah.  



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar