Tips Hamil

Kamis, 31 Juli 2014

Arca Kuno Tanpa Kepala Di Museum Kambang Putih

Arca itu sebenarnya sangat indah. Menggambarkan sosok seorang pria yang bertubuh atletis dalam posisi berdiri. Sayang, arca itu sudah tidak utuh lagi karena tanpa kepala dan kaki. Begitu pula dengan arca yang ada di dekatnya yang menggambarkan sosok bertubuh gemuk dalam posisi sedang duduk bersila. Arca itu juga sudah tidak berbentuk pada bagian wajahnya.


Kedua arca itu merupakan beberapa dari koleksi arca kuno yang ada di Museum Kambang Putih. Museum ini berlokasi di Kota Tuban - Jawa Timur. Museum ini mudah untuk dituju karena lokasinya berada di sebelah selatan alun-alun kota Tuban atau sebelah barat Kantor Bupati Tuban.

 
 Koleksi itu ditempatkan di ruangan kedua museum ini dalam etalase kaca ( vitrin ). Di etalase itu terpajang arca lainnya dalam posisi jongkok dengan membawa gada di tangan kanannya. Arca ini semacam Dwarapala yang berfungsi sebagai penjaga candi atau bangunan kuno.


Ada pula arca seperti sosok seseorang yang sedang dalam posisi bersemedi. Yang menarik, di sana juga terdapat arca Nandi yang menggambarkan sosok hewan sapi. Sayang, arca ini juga sudah tidak utuh lagi karena tanpa kepala dan patah di bagian tengahnya.


Bentuk yang berbeda ditampilkan oleh koleksi berupa batu peripih. Batu itu terdapat lubang berbentuk kotak di bagian tengahnya. Konon, pada masa lampau batu peripih itu digunakan untuk menyimpan abu jenazah atau harta benda milik dari bangsawan yang meninggal dunia.


Di ruangan itu juga terdapat koleksi lainnya yang tidak ditempatkan dalam etalase kaca. Koleksi itu berupa batu yoni, batu datar, aneka keramik Tiongkok kuno, Jangkar kuno dan sebagainya. Untuk koleksi batu yoni tampak berbeda dibandingkan dengan bentuk batu yoni pada umumnya karena tekstur batunya cukup halus dan terdapat ornamen hiasan berupa kepala naga.




Aneka arca dan benda kuno itu merupakan benda-benda bersejarah peninggalan masa lampau yang ditemukan di berbagai daerah di Tuban.





Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

 


















1 komentar: