Tips Hamil

Sabtu, 12 Juli 2014

Serunya Berwisata Di Balai Kota Surabaya

Balai Kota Surabaya ternyata tidak hanya menjadi pusat pemerintahan Kota Surabaya. Tetapi bangunan yang indah dan megah ini juga bisa menjadi destinasi wisata alternatif di Kota Pahlawan ini.



Kawasan Balai Kota Surabaya yang berlokasi di daerah Ketabang ini juga dilengkapi dengan taman yang asri dengan aneka jenis tanamannya. Air mancur di bagian tengahnya semakin menambah pesona keindahannya.


Siapapun bisa datang dan masuk ke gedung Balai Kota asal berpakaian yang rapi dan sopan. Di dalam ruangan bagian depan terdapat ornamen yang berupa lukisan dan patung kayu yang melambangkan ikon Sura dan Baya.

 
Di bagian dindingnya terdapat informasi tentang sejarah Kota Surabaya dan sejarah pembangunan gedung Balai Kota Surabaya. Ada juga  stand yang memajang aneka produk souvenir unggulan dari berbagai daerah di Jawa Timur yang bisa dibeli oleh para wisatawan.


Jika dilihat dari bagian depan, gedung Balai Kota Surabaya memiliki bentuk yang simetris.
Gedung utamanya mulai dibangun pada tahun 1923 dan mulai ditempati pada tahun 1927. Sebagai Arsiteknya adalah C. Citroen dan pelaksana pembangunannya adalah  H.V. Hollandsche Beton Mij. Biaya pembangunan gedung ini pada saat itu membutuhkan dana sekitar 1000 gulden.



Gedung utama memiliki ukuran panjang 102 m dan lebar 19 m. Konstruksi bangunannya terdiri dari tiang-tiang pancang beton bertulang yang ditanam dan pada dinding-dindingnya diisi dengan bata dan semen. Atapnya terbuat dari rangka besi yang ditutup dengan sirap. Pada perkembangannya, atap sirap itu kemudian diganti dengan genteng.


Yang menarik, layanan wisata kota gratis yang diadakan oleh Surabaya Heritage Track - House of Sampoerna pada salah satu tracknya juga mengajak wisatawan untuk berkunjung ke Balai Kota Surabaya. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar