Tips Hamil

Sabtu, 19 Juli 2014

Gamelan Kuno Peninggalan Sunan Drajat Di Lamongan

Ada yang tak biasa dengan gamelan yang terbuat dari bambu itu. Selain tampak kuno dan kusam, ornamen yang menghiasinya juga cukup aneh. Pada bagian depannya terdapat ornamen berupa sosok seperti satwa singa yang menganga mulutnya dan menjulurkan lidah. Singa yang sedang bersimpuh itu juga mengenakan mahkota di kepalanya.


Adanya ornamen singa itul pula yang menjadikan gamelan itu dinamakan gamelan Singa Mengkok. Entah apa arti dari nama Singa Mengkok itu. Yang menarik, gamelan Singa Mengkok itu merupakan peninggalan dari Sunan Drajat yang pada masa lampau dimainkan oleh Sunan Drajat sebagai media seni untuk menyampaikan agama Islam pada warga setempat.


Gamelan Singa Mengkok itu merupakan salah satu koleksi di Museum Sunan Drajat yang berada dalam kawasan wisata Religi Makam Sunan Drajat di daerah Drajat, Lamongan - Jawa Timur. 


Museum ini terbuka untuk umum pada hari dan jam kerja tanpa dikenai tiket masuk.


Sesuai dengan namanya, museum Sunan Drajat ini menyimpan benda-benda peninggalan masa Sunan Drajat sebagai salah satu dari Wali Songo , penyebar agama Islam di pulau Jawa pada masa lampau.


Gamelan Singa Mengkok itu merupakan bagian dari perlengkapan gamelan kuno lainnya seperti yang biasa terdapat dalam gamelan Jawa pada umumnya. 

View Video - Al Qur'an Kuno 
  Hanya saja jumlahnya hanya beberapa  dan dalam bentuk yang sederhana saja.


Selain gamelan Singa Mengkok, di museum ini juga menyimpan benda-benda kuno lainnya berupa beduk, Al Qur'an, kain, keramik, senjata tradisional dan sebagainya.


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar