Tips Hamil

Senin, 28 Juli 2014

Kisah Delapan Dewa Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Ada banyak kisah klasik dari negeri Tiongkok. Salah satunya adalah kisah tentang Delapan Dewa ( Pat Sian ). Kisah ini ditampilkan dalam banyak versi mulai dari film, buku cerita, komik, game, teater  dan sebagainya.


Selain itu ada juga yang menampilkan kisah legendaris itu dalam bentuk relief seperti yang ada di Kelenteng Kwan Sing Bio di Kota Tuban - Jawa Timur. 


Relief kisah Delapan Dewa itu terdapat di ruangan serba guna yang berada di bagian tengah kawasan kelenteng.


Setiap personel dari Pat Sian ( Delapan Dewa ) memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Mereka terdiri dari Lie Thiat Kwai, Han Tion Lie, Loe Tong Pin, Han Siong Tjoe, Hau Sian Koh, Na Djai Hoo, Thio Koo Loo dan Tjo Kok Kioe.


Relief itu menghiasi dinding ruangan yang berukuran cukup besar dan terdiri dari beberapa panel. Pada panel sisi barat terdapat salah satu relief yang bergambar beberapa dewa sedang bermain permainan tradisional Tiongkok. Relief ini sangat indah dan artistik dengan efek 3 dimensi.




Karena keunikannya itu, relief tersebut sering menjadi spot untuk berfoto dan bernarsis ria karena seolah yang berfoto itu ikut bermain dalam permainan mereka. 



Sedangkan pada panel sisi timur terdapat relief tentang kisah Kiang Thay Kong bertemu dengan Tjoe Boen Ong.

 


Di bagian depan ruangan ini terdapat bangunan Sembilan Gada Suci dengan ornamen tentang kisah Dewa Kwan Kong.



Sedangkan di bagian belakang ruangan ini terdapat bangunan panggung kesenian yang lebih dikenal dengan nama Istana Kaisar karena keindahan dan kemegahannya. 




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar