Tips Hamil

Rabu, 16 Juli 2014

Berziarah Ke Makam Syech Maulana Malik Ibrahim Di Gresik

Ada banyak makam kuno di Kota Gresik - Jawa Timur. Salah satunya adalah makam Syech Maulana Malik Ibrahim yang juga dikenal dengan nama Sunan Gresik. Seperti makam-makam Wali Songo lainnya, makam ini setiap harinya juga ramai didatangi oleh para peziarah dari berbagai daerah di nusantara. 

 

Hal ini karena Syech Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu ulama besar penyebar agama Islam di Pulau Jawa pada masa lampau.



Walau terdapat banyak makam kuno di sekitarnya, tetapi tidak banyak bangunan dan ornamen kuno di sana. Yang ada berupa sebuah gapura kuno sebagai salah satu pintu masuknya. Makam itu berada dalam naungan cungkup makam yang terbuka dan terbuat dari kayu jati. Pagar besi yang mengelilinginya menjadi pembatasnya.


Pada bagian tengah cungkup ada tiga makam yang berwarna putih. Sepintas, bentuk makam itu sama, tetapi ternyata berbeda dalam ornamen-ornamennya.


Makam Syech Maulana Malik Ibrahim berada di sebelah kiri, sedangkan makam di sebelahnya adalah makam istrinya yaitu Syayidah Siti Fatimah dan makam putranya yaitu Syech Maulana Maghfur.


Yang menarik, pada sisi depan batu nisan Syech Maulana Malik Ibrahim terdapat hiasan berupa kaligrafi ayat-ayat suci Al Qur'an. Sayang ada beberapa bagian dari makam-makam itu yang sudah tidak utuh lagi karena retak.



Sekitar 50 meter dari makam Syeck Maulana Malik Ibrahim ini terdapat makam saudaranya yaitu Syech Maulana Ishak dan Syech Maulana Makhrubi.  


Sekitar 50 meter pada sisi lainnya dan berbatasan dengan pagar tembok terdapat makam Pusponegoro I sebagai Bupati Gresik yang pertama dan makam-makam kuno para bangsawan lainnya.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar