Tips Hamil

Rabu, 16 Juli 2014

Pasar Seng Yang Unik Di Kota Surabaya

Pasar Seng, begitulah nama salah satu pasar yang ada di Kota Surabaya. Walau nama itu identik dengan seng, tetapi pasar itu bukanlah pasar yang menjual seng atau bahan material bangunan lainnya. Selain namanya yang cukup unik, barang-barang yang dijual di sana juga khas karena bernuansa Islami. Begitu pula dengan para pedagangnya yang mayoritas beretnis Arab.


Pasar Seng ini berlokasi di sekitar kawasan wisata religi Makam Sunan Ampel dan berjarak sekitar 30 meter dari Masjid Ampel. Memasuki pasar ini di kedua sisi pintu masuknya terdapat gapura yang bentuknya seperti gapura-gapura di Makam Sunan Ampel.  



Nama Pasar Seng itu disematkan karena dulu sebelum dibenahi dan dibangun, deretan toko yang ada di sana hanya beratapkan seng saja. Berbeda dengan keadaan saat ini yang tertata dengan baik , rapi dan modern.


Memasuki Pasar Seng ini sepanjang langkah terpajang barang-barang yang bernuansa Islami mulai dari yang berupa pakaian muslim, perlengkapan sholat, parfum, poster, buku-buku dan VCD Islami, obat dan jamu Arab dan sebagainya. Harganya cukup murah dibandingkan dengan harga di pasaran.


Tentu saja aneka jenis buah kurma juga dijual di sana dengan harga mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Beragam kuliner ala etnis Arab juga tersaji di sana.


Yang unik, di pasar Seng inilah selama bulan Ramadhan saja ada beberapa pedagang yang berjualan kue Pukis Arab atau Apem Arab.


Kue yang berukuran cukup besar dan berbentuk seperti jamur itu dijual dengan harga Rp 2.500- Rp 3.000 per satuan.


Bagi Anda yang berkunjung ke wisata religi makam Sunan Ampel, usahakan untuk meluangkan waktu dengan berbelanja di Pasar Seng atau sekedar mencuci mata menyimak aneka jenis dagangannya. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar