Tips Hamil

Jumat, 04 Juli 2014

Megahnya Monumen Pesawat Nomad Di Alun-alun Lamongan

Setiap kota pada umumnya memiliki monumen yang unik dan khas sebagai kebanggaan warga dan ciri kotanya. Tetapi untuk monumen yang berada di Kota Lamongan - Jawa Timur ini tampak unik, menarik dan berbeda.


Hal ini karena monumen yang ditampilkan berupa pesawat dan wujud dan bentuk aslinya. Pesawat yang menjadi monumen itu adalah jenis pesawat jelajah Nomade P.806 N2255 buatan Australia tahun 1974 yang dhibahkan oleh TNI Angkatan Laut.





Pesawat itu dihibahkan ke pemerintah daerah Lamongan pada tahun 2009 karena sudah digrounded atau tidak digunakan lagi baik dalam tugas atau latihan militer. Sedangkan saat masih digunakan dalam militer, pesawat Nomade itu digunakan dalam melaksanakan patroli maritim.



Pada saat itu potongan pesawat berupa badan, sayap dan beberapa potongan kecil yang diangkut dengan menggunakan dua unit mobil pengangkut besar yang kemudian dirakit kembali diatas sebuah landasan. Usai dirakit, pesawat lalu dinaikkan ke landasan monumen dengan menggunakan crane.  


Data tentang pesawat itu adalah yaitu panjang 12,5 meter, lebar 16,46 meter dan berat mencapai 2.676 kilogram. Keberadaan monument pesawat Nomad itu melengkapi keindahan Taman Wisata Alun-alun Kota Lamongan.

Posisi pesawat ditata sedemikian rupa dengan condong ke angkasa dan disangga oleh beberapa pilar. Tak ada pagar pembatas yang mengelilinginya sehingga pengunjung bisa berada dekat dan tepat di bawahnya. 


Menyimak penampilan pesawat itu tampak bersih dan terawat dengan baik. Tak ada kesan seperti barang-barang yang sudah bekas seperti pada umumnya. Bila pada pagi hingga sore hari, kemegahan monumen pesawat itu sangat terlihat dan terasa sekali.


Tetapi sebaliknya jika pada malam hari, kemegahan monumen pesawat itu kurang terlihat. Hal ini karena sangat minimnya tata lampu dan pencahayaan yang menyorot pada badan pesawat. Betapa tidak, untuk monumen pesawat sebesar itu hanya ada beberapa tiang dengan lampu kecil di sekitarnya saja. 



Karena tak ada lampu dengan cahaya kuat yang khusus menyorot ke badan pesawat, akibatnya sosok monumen pesawat Nomad itu seakan tenggelam dalam kegelapan atau kesuraman suasana di sekitarnya jika dilihat dari kejauhan.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar