Tips Hamil

Jumat, 18 Juli 2014

Mengenal Sejarah Bersama Surabaya Historical Community


Ada banyak komunitas yang unik di nusantara. Salah satunya adalah Surabaya Historical Community ( SHC ) . Sesuai dengan namanya, komunitas ini berada di kota Surabaya dan giat dalam hal yang berkaitan dengan sejarah di kota itu.



Komunitas ini memiliki anggota yang cukup banyak dan terdiri dari berbagai profesi mulai pelajar, mahasiswa dan umum.Kegiatan yang dilakukan juga beragam mulai dari penelusuran dan berkunjung ke situs dan bangunan-bangunan bersejarah, pembuatan foto-foto dan film dokumenter dan sebagainya.


Tak hanya dilakukan pada pagi, siang dan sore hari saja, tetapi kegiatan komunitas ini juga ada yang dilakukan pada malam hari. Dan ternyata hal itu tidak mengurangi minat dan antusias anggota untuk mengikutinya. 



Menurut Dwi Fatrianto, pimpinan Surabaya Historical Community, komunitas ini dibentuk pada tanggal 1 Desember 2013. Tujuannya adalah harapannya agar masyarakat surabaya lebih mengenali seluk beluk kotanya baik dari sisi sosial, budaya, religi dan sejarah kejuangan.


Ke depannya akan mengadakan acara-acara yang dapat memperkenalkan kota surabaya. Bisa melalui kegiatan berupa kunjungan ( Blusukan ) dan acara-acara lain yang bersifat rekreatif sekaligus edukatif.


Syarat untuk bergabung dengan Surabaya Historical Community ini juga cukup mudah yaitu aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh SHC baik online atau off line. 


Hal ini karena pada setiap bulannya komunitas ini akan aktif  berusaha untuk mengadakan acara yang berkaitan dengan mengenal seluk beluk dan sejarah kota Surabaya.


Di antara kegiatan yang pernah diadan oleh Surabaya Historical Community adalah kunjungan sejarah ke Penjara Kalisosok Surabaya dan Gedung Museum De Javasche Bank.  


Gedung Singa dengan yang kuno dan arsitektur yang indah dan Jembatan Merah tentu juga tak lepas dari daftar kunjungan mereka. 

--------

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar