Tips Hamil

Selasa, 08 Juli 2014

Jejak Sejarah Tank Rampasan Perang Di Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan adalah kawasan wisata sejarah dan perjuangan bangsa di Kota Surabaya. 


Selain terdapat monumen dengan bentuk dan kisahnya yang legendaris, di sana juga terdapat museum dengan koleksi berupa aneka senjata baik tradisional dan modern yang digunakan dalam perjuangan bangsa pada masa lampau.


Di antara koleksi itu berupa kendaraan tempur tank, panser dan mortir yang ditempatkan di halaman terbuka pada bagian samping Museum 10 November.   Banyak pengunjung yang berinteraksi dengan kendaraan militer itu. 

 

Baik dengan menaikinya atau mengutak-atik bagian-bagiannya.Bahkan untuk tank yang berukuran paling besar bisa dinaiki dan muat menampung 2-3 anak-anak di bagian kemudinya.


Ada sekitar lima koleksi  senjata pertempuran di luar ruangan.Diantaranya adalah berasal dari Kodam V Brawijaya berupa  Mortir 120 mm dengan type/model M 52 buatan Yugoslavia. 


Mortir ini merupakan hasil rampasan para pejuang Surabaya dari tangan tentara Sekutu dalam pertempuran 10 November 1945.



Ada juga koleksi berupa Panser Brend Carrier type MK - II ( STD ) buatan Inggris. Panser ini juga merupakan hasil rampasan perang para pejuang Surabaya dalam pertempuran yang sama. 



Keberadaan tank, mortir dan panser itu semakin menambah nuasa heroik saat berkunjung ke situs bersejarah ini.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar