Tips Hamil

Rabu, 23 Juli 2014

Misteri Makam Sunan Bonang Yang Aneh Di Rembang

Sepintas, tak ada yang menarik dan istimewa di lokasi itu. Hanya berupa lahan kosong dengan terdapat deretan tanaman melati di sekelilingnya dan satu rumpun melati di bagian tengahnya. Tak ada batu nisan atau bangunan-bangunan kuno lainnya di sekitarnya.


Tetapi anehnya, justru di lokasi itulah yang diyakini oleh warga setempat sebagai makam Sunan Bonang, salah satu dari Wali Songo penyebar agama Islam di Pulau Jawa pada masa lampau. Seolah sebagai penegasnya, di bagian bawah pagar besi yang mengelilinginya terdapat tulisan  Makam Sunan Bonang - Makhdum Ibrahim.



Makam Sunan Bonang yang cukup aneh ini berada di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Rembang - Jawa Tengah.Tentu hal itu menjadi sebuah misteri dan keanehan tersendiri karena selama ini Makam Sunan Bonang identik dengan Kota Tuban karena di kota itulah terdapat kawasan wisata religi Makam Sunan Bonang yang banyak didatangi oleh para peziarah dari berbagai daerah di nusantara.


Entah kenapa dan sejak kapan tempat itu diyakini sebagai makam Sunan Bonang. Sayang, saat saya berkunjung ke sana, saya tak menjumpai juru kuncinya. Yang ada adalah petugas kebersihan yang secara sepintas bercerita bahwa dulu sebelum Sunan Bonang meninggal sempat berpesan agar di lokasi makamnya kelak ditanami dengan pohon melati.



Kisah wasiat dari Sunan Bonang itu tentu juga menjadi misteri karena tanaman melati yang ada di sana juga tak tampak cukup besar dan berusia sekian ratus tahun lamanya. Tampak masih cukup muda usianya seperti tanaman yang belum lama ditanam.Begitu pula dengan tak adanya batu nisan di sana.




Mungkin yang terkesan kuno hanyalah beberapa bangunan gapura yang harus dilewati sebelum menuju ke makam Sunan Bonang ini. Ada juga sumur kuno yang dikenal dengan nama Sumur Dalem yang airnya diyakini bertuah oleh warga setempat.Tetapi tentu hal itu membutuhkan kajian arkeologi dan ilmiah untuk bisa menyatakannya sebagai peninggalan bersejarah pada masa lampau.



Lokasi makam Sunan Bonang ini berada pada lahan yang sangat luas dan berada di tengah perkampungan. Lokasinya berjarak sekitar 500 meter dari Pasujudan Sunan Bonang yang berupa batu keramat dan diyakini merupakan jejak bersujudnya Sunan Bonang.

Terlepas dari misteri itu, Makam Sunan Bonang di Rembang ini juga cukup ramai didatangi oleh para peziarah. Terlebih pada acara haul Sunan Bonang yang diadakan setiap tahunnya pada hari pasaran tertentu di bulan Dzulhijah.


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar