Tips Hamil

Sabtu, 14 Februari 2015

Kisah Masjid Yang Dipindah Dalam Waktu Semalam

Ada yang unik dan menarik tentang Masjid  Sendang Duwur  di daerah Lamongan - Jawa Timur. Masjid itu selain memiliki bangunan yang modern, ternyata juga masih terdapat jejak bangunan lama di sekitarnya yang bentuknya seperti candi .



Selain itu juga ada legenda yang berkembang di masyarakat tentang keberadaan masjid kuno peninggalan Sunan Sendang Duwur itu. Konon, masjid Sendang Duwur itu dipindah dari lokasi semula hanya dalam waktu semalam saja.
 

Dalam legenda itu dikisahkan bahwa masjid Sendang Duwur adalah pemberian Mbok Rondo Mantingan - Jepara dari Jawa Tengah kepada Raden Nur Rahmad ( Sunan Sendang Duwur ) sekitar abad XV Masehi . Hebatnya , pemindahan masjid itu hanya dilakukan dalam waktu semalam saja. Entah dengan menggunakan kekuatan apa hal itu bisa dilakukan.



Masjid Sendang Duwur terletak di Desa Sendang Duwur , Kecamatan Paciran . Jaraknya sekitar 5 km ke arah barat dari situs wisata religi Makam Sunan Drajat. Pendirian masjid ini ditandai dengan Surya Sengkala yang berbunyi ' Gunaning Saliro Tirto Hayu ' yang berarti tahun 1483 Saka atau 1561 Masehi.

 
Masjid ini sudah mengalami pemugaran dan pembangunan.Bekas-bekas bangunan masjid yang lama itu menjadi koleksi di Museum Sunan Drajat. 


Letak masjid agak tinggi sehingga untuk menuju ke sana dengan melewati tangga atau undak-undakan.Di sekitar masjid inilah terdapat makam Sunan Sendang Duwur
yang dikeramatkan oleh warga setempat. Selain itu juga ada bangunan-bangunan kuno lainnya seperti Gapura bersayap, Gapura Bentar , makam-makam dan sebagainya. 

 

Legenda tentang masjid Sendang Duwur itu menjadi salah satu daya tarik di situs wisata sejarah , budaya dan purbakala di kawasan Makam Sunan Sendang Duwur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar