Tips Hamil

Jumat, 20 Februari 2015

Misteri Makam Raja Majapahit Brawijaya V Di Tuban


Ada yang istimewa dengan daerah Semanding di Tuban - Jawa Timur . Di daerah ini banyak terdapat makam kuno yang bersejarah dan dikeramatkan oleh warga setempat. Pengunjung dari berbagai daerah datang berziarah ke sana.


Salah satunya adalah makam Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Kerajaan Majapahit versi naskah-nasakah babad dan serat.  Makam ini berada di daerah Gedongombo yang berjarak sekitar 3 km arah selatan dari pusat kota Tuban.

Sebenarnya mudah untuk menuju ke makam Brawijaya V ini. Walau berada dekat dengan perkampungan, tetapi karena tidak adanya papan nama sebagai penunjuk arah menuju ke lokasinya dan letaknya yang agak tersembunyi , membuat kita harus mau bertanya pada warga setempat.



Makam Brawijaya V berada di kawasan pemakaman warga dengan melewati sebuah bangunan gapura. Makam itu berjarak sekitar 100 meter dari gapura dan berada dalam naungan pohon beringin yang besar dan rindang.


Makam itu senantiasa dalam keadaan terkunci dan untuk memasukinya harus dengan ijin dan disertai oleh petugas juru kunci yang bernama Mbah Dullah ( 75 th ). Dalam seharinya itu tidak setiap waktu Mbah Dullah ada lokasi makam. Bila Mbah Dullah tidak sedang berada di makam, peziarah bisa mendatangi ke rumahnya yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi makam .


Cungkup Makam Brawijaya V ini tampak cukup sederhana bagi seorang raja kerajaan Majapahit, kerajaan besar di Pulau Jawa pada masa lampau. Hanya terdapat ornamen berbentuk sepasang naga yang mengapit pintu masuknya.


Di dalam bangunan cungkup makam terdapat makam Brawijaya V yang berselubung kain kelambu. Ada banyak taburan bunga setaman di makam itu. Ornamen payung kebesaran ala kerajaan menghiasi di depan makam.



    View Video - Makam Sunan Bejagung Kidul

Menurut Mbah Dullah , "Untuk Brawijaya V memang dimakamkan di Tuban . Sedangkan makam Brawijaya I, Brawijaya II dan Brawijaya III ada di Mojokerto dan makam Brawijaya IV ada di Rembang " . 


Selama bertugas sebagai juru kunci makam Brawijaya V selama dua tahun terakhir ini, Mbah Dullah mengaku pada pukul 02.00 dini hari  pernah mengalami penampakan makhluk gaib berupa sosok yang tinggi dan besar dengan mengenakan jubah yang berwarna putih.


Cukup menarik mengunjungi Makam Brawijaya V di Tuban ini. Sayang, pembongkaran bangunan makam lama Brawijaya V yang dulunya berupa bangunan kayu dan menjadi bangunan makam yang modern seperti saat ini justru merusak keaslian situs bersejarah ini . Walau tampak terlihat lebih baik dan nyaman, sayang sekali karena hal itu justrutidak meninggalkan jejak bangunan kuno apapun di sana.  


Selain makam Brawijaya V, di daerah Semanding ini juga ada makam bersejarah dan keramat lainnya seperti makam Syekh Siti Jenar, makam Sunan Bejagung Lor , Sunan Bejagung Kidul, makam Sunan Mruwut ,makam Tjitrosoman dan sebagainya. Ada juga Batu Gajah yang unik dan  konon berkaitan dengan sejarah Sunan Bejagung pada masa lampau.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar