Tips Hamil

Jumat, 20 Februari 2015

Ada Mushola Yang Unik di Dalam Gua Akbar

Beribadah sholat di dalam mushola atau masjid yang berada di atas tanah tentu sudah biasa karena bisa dijumpai di banyak tempat. Tetapi jika ibadah itu dilakukan di dalam permukaan tanah, tentu cukup menarik karena jarang ada.



Salah satunya adalah beribadah sholat di mushola yang berada di dalam gua. Mushola yang unik itu bernama Baitul Akbar yang berada di dalam wisata Gua Akbar. Wisata ini berlokasi di belakang Pasar Baru Tuban dengan harga tiket Rp 4.000 per orang.



Mushola Baitul Akbar terletak di akhir perjalanan menelusuri Gua Akbar dan dekat dengan jalan keluar. Tentu untuk mengetahuinya harus dengan berjalan menyusuri lorong  Gua Akbar sejauh 1 km. Mungkin karena letaknya yang tersamar dan jika pengunjungnya tergesa-gesa, banyak wisatawan yang belum tahu atau tidak tahu  keberadaan mushola itu.



Karena berada dalam lorong gua, dinding dan atap mushola berupa bebatuan gua dengan berbagai bentuknya. Sedangkan lantainya sudah berkeramik dan berpagar besai. Air yang mengalir menetesi bebatuan gua tak jarang juga mengalir menetesi mushola ini.


Untuk tempat wudhunya juga menggunakan dinding gua yang dipasangi keran. Beberapa ornamen berukir dipasang di sana sebagai informasi dan penjelasan tentang mushola ini. 


Dalam ornamen itu tertulis bahwa lokasi mushola ini pada masa lampau merupakan  Pasujudan Wali ( tempat bersujudnya Walisongo , ulama penyebar agama Islam ).


Ada cukup banyak pengunjung yang menyempatkan diri beribadah di mushola ini sambil beristirahat sejenak melepas capek dan pegal. Tak jauh dari mushola ini terdapat relung gua dengan terdapat beberapa kursi kayu untuk beristirahat.


Di gua Akbar ini juga ada batu unik lainnya yang berbentuk kuda dan diberi nama Sela Turangga ( Batu Kuda ). Selain itu juga ada ruangan atau kamar rahasia yang pada masa lampau konon digunakan sebagai tempat bersembunyi dan bersemedia seorang penjahat yang legendaris di Tuban.

 





1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus