Tips Hamil

Rabu, 25 Februari 2015

Misteri Patung Buaya di Gua Wisata Bahari Lamongan


Dari tampak luar tak ada yang menyangka jika di dalam wahana Insectarium atau Rumah Serangga itu terdapat gua yang sangat luas dan indah. Dengan penataan cahaya aneka warna menjadikan panorama di dalamnya semakin tampak mempesona.


Yang mengejutkan dan mengherankan adalah di dalam salah satu relung gua itu ternyata terdapat beberapa patung buaya. Patung buaya itu tampak hidup dengan penggambaran sosoknya yang detail.


Keberadaan patung buaya itu seolah menjadi tanya besar bagi saya. Kenapa sosok buaya yang dipilih sebagai ornamen penghias dalam gua itu ?  Hal ini berkaitan dengan adanya mitos yan berkembang di masyrakat bahwa di dalam gua inilah yang menjadi pusat  kerajaan atau istana para makhluk gaib yang ada di kawasan Wisata Bahari Lamongan ( WBL ) - Jawa Timur.


Benarkah ada kaitan antara keberadaan patung buaya itu dengan mitos istana makhluk gaib itu ataukah hanya sekedar kebetulan karena mungkin kondisi lingkungan di dalam gua  dianggap mirip dengan lingkungan dan habitat buaya ? 


Entahlah dan mungkin itu akan menjadi sebuah misteri yang terpendam di sana. Yang jelas, gua ini memang cukup menarik dikunjungi. Menyusuri lorong-lorongnya ada banyak keindahan di sana. Beberapa bebatuan besar di dalam gua tampak senantiasa meneteskan air .


Sayang, gua yang indah ini sudah tidak alami lagi. Entah dengan alasan untuk mempercantik penampilannya atau mempermudah akses jalan bagi pengunjun, di dalam gua dilakukan perombakan dan pembangunan ornamen-ornamen baru seperti pilar-pilar, stalaktit dan stalakmit tiruan, sungai buatan dan sebagainya. 


Jejak adonan semen yang mengeras pada ornamen-ornamen itutampak sekali sebagai penanda campur tangan manusia .Di satu sisi, hal itu mungkin bisa menambah keindahan tampilan dalam gua. Tetapi di sisi lainnya, tentu hal itu justru merusak keindahan dan keaslian gua.


Walau gua ini cukup indah dan menarik, ada banyak pengunjung yang belum tahu keberadaan gua ini. Karena letak gua ini yang tersembunyi di balik tirai yang ada di wahana Rumah Serangga.Mereka mungkin tidak tahu dan tidak menyangka jika selain koleksi aneka serangga dan kupu-kupu, di sana juga ada gua yang cukup indah dan menarik.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar