Tips Hamil

Sabtu, 21 Februari 2015

Masjid Seribu Jendela Yang Indah Dan Megah Di Kragan


Masjid Seribu Jendela adalah sebutan yang mungkin bisa diberikan pada Masjid Besar Al Islah di daerah Kragan - Rembang, Jawa Tengah. Hal ini karena masjid yang indah dan megah itu memiliki banyak ornamen jendela yang menghiasi setiap sisi bangunannya.



Masjid ini berada pada lahan yang sangat luas dan memang masih baru dan masih berjalan hingga saat ini dari pengembangan dan pembangunan masjid lama yang lokasinya di sisi utara dan berdekatan dengan bangunan baru. Bangunan lama masjid itu hanya meninggalkan gapura kecil di sisi timur sedangkan lahan bekas bangunannya tak berjejak hanya berupa lahan kosong yang berpagar besi.



Masjid Besar Al Islah ini berada di tepi jalan raya Surabaya - Kragan - Semarang tanpa ada bangunan tinggi dan besar yang menutupinya. Karena itu keindahan sosok bangunannya bisa terlihat dengan jelas. Apalagi ketika malam hari dimana masjid ini seolah bermandikan cahaya penerangan.



          View Video - Masjid Besar Al Islah

Ada decak kagum yang seolah tiada henti ketika menyimak keindahan masjid ini baik dari sisi luar atau dalam. Detail dan ornamennya tampak cukup rumit. Begitu pula dengan banyaknya pilar penyangga kubah dan bangunan masjid.

Ada nuansa perpaduan budaya Jawa, Arab, Tiongkok dan Eropa pada gaya bangunan dan ornamennya. Yang menarik, di dalam masjid ini terdapat mimbar pengimaman yang kuno dan bersejarah.


Menurut Wijaya - www.whizisme.com yang rumahnya berdekatan dengan masjid, mimbar itu berkaitan dengan sejarah Kragan dan ulama besar pada masa lampau. Mimbar itu sendiri berhias motif ukiran yang jarang dijumpai.Keberadaan mimbar kuno dan bersejarah itu seakan menambah pesona keindahan dan daya tarik Masjid Besar Al Islah.


Sekitar 30 menit perjalanan menuju ke daerah Lasem, di sana juga terdapat bangunan masjid yan cukup besar dan megah. Di dekat masjid itu terdapat makam ulama besar yang dikenal dengan nama Mbah Sambu dan banyak didatangi oleh para peziarah dari berbagai daerah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar