Tips Hamil

Sabtu, 28 Februari 2015

Legenda Batu Kodok Yang Unik di Lamongan


Ada banyak batu unik dengan berbagai kisah legendanya yang menarik di nusantara. Salah satunya adalah Batu Kodok yang berada di kawasan pantai Wisata Bahari Lamongan ( WBL ) - Lamongan , Jawa Timur.



Bongkahan bau karang yang besar itu disebut dengan nama Batu Kodok karena dari kejauhan bentuknya mirip dengan kodok atau katak. Ada beberapa batu besar yang bentuknya mirip kodok di sana. Kesemuanya menghadap ke arah laut.Tetapi entah kenapa hanya ada satu batu saja yang diberi tulisan Batu Kodok.


Wisatawan bisa melihat Batu Kodok itu dari jarak dekat tepat di tepi pantai dengan diberi pagar pembatas. Ada larangan keras bagi wisatawan untuk tidak melompati pagar batas itu karena di bawahnya langsung terdapat pantai yang cukup dalam dan berarus kuat.



                 View Video - Batu Kodok 

Dengan berdiri di dekat pagar pembatas itu, wisatawan bisa menikmati panorama alam di sekitar Batu Kodok itu dengan debur ombaknya yang menerpa dan pecah di bebatuan. Ada juga fasilitas wahana permainan yang terdapat tak jauh dari batu itu. Kala fajar atau senja, panorama di sana tampak semakin mempesona dengan nuansa warna siluetnya.


 

 Di sekitar Batu Kodok itu terdapat ornamen berupa patung singa laut. Sayang, patung-patung itu tampak kusam dan tidak terawat dengan baik. Bahkan ada patung yang sudah tidak utuh lagi karena rusak dan tanpa kepala.   


Dahulu pada era tahun 1980-1990an , wisata ini sebelum dibenahi dan dibangun menjadi kawasan wisata terpadu Wisata bahari Lamongan sangat terkenal dengan nama Pantai Tanjung Kodok. 



Saat itu tak ada bangunan apapun di sana dan hanya berupa hamparan tanah berbatu yang sangat luas dengan semak-semak di sekitarnya.


            View Video - Kisah Batu Kodok

Setelah dibangun secara besar-besaran jadilah destinasi wisata yang mengubah total penampilan wisata ini yang banyak didatangi oleh wisatwan. 


Keberadaan Batu Kodok itu seolah menjadi jejak nostalgia wisata Pantai Tanjung Kodok.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar