Tips Hamil

Selasa, 17 Februari 2015

Batu Kuda Yang Unik di Dalam Gua Akbar


Sela Turangga atau Batu Kuda, begitulah nama batu yang berukuran cukup besar itu. Sesuai dengan namanya, batu itu memang mempunyai bentuk yang seperti kuda dalam posisi sedang duduk bersimpuh. Dengan lokasinya yang berada di tengah-tengah lorong gua, menjadikan keberadaan Sela Turangga mudah dikenali.



Batu  Kuda itu merupakan salah satu dari batu-batu yang berbentuk unik yang ada di dalam wisata Gua Akbar di Kota Tuban - Jawa Timur. 


Kita bisa menjumpai batu itu ketika sudah sampai setengah perjalanan dalam menyusuri lorong-lorong gua Akbar sejauh sekitar 1 kilometer . Lorong-lorong itu dilewati oleh pengunjung dengan menyusuri undak-undakan yang berpagar besi.




Yang paling menonjol bentuk kuda dari batu adalah sosok kepalanya. Sedangkan untuk bentuk tubuhnya tidak begitu terlihat karena berupa bongkahan batu besar. Di bagian atas batu terdapat ornamen tambahan yang berisi tulisan tentang nama dan informasi Sela Turangga.


Selain Batu Kuda, di dalam Gua Akbar ini juga ada Ruangan Kamar Rahasia karena letaknya yang tersembunyi karena tersamarkan oleh bebatuan gua. Banyak pengunjung Gua Akbar yang tidak tahu keberadaan Ruangan Rahasia yang diberi nama Pasepen Kori Sinandi itu.


Di ujung akhir perjalanan ada bangunan unik lainnya yaitu Mushola Baitul Akbar. Mushola ini sangat menarik untuk disimak dan dikunjungi karena berada di dalam gua dengan berdinding dan beratapkan bebatuan gua. 


Banyak pengunjung Gua Akbar yang melakukan ibadah sholat dan berdoa di mushola ini. Sekalian mereka beristirahat sejenak usai menyusuri Gua Akbar yang berlokasi di belakang Pasar Baru Tuban ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar