Tips Hamil

Rabu, 25 Februari 2015

Makam Sunan Bejagung Yang Keramat dan Legendaris


Selain Makam Sunan Bonang, di daerah Tuban ada makam kuno yang legendaris dan dikeramatkan oleh warga setempat yaitu makam Sunan Bejagung Lor. 


Selain merupakan makam salah satu ulama besar penyebar agama Islam pada masa lampau, kawasan makam ini dulu juga sering menjadi lokasi diadakannya ritual sumpah pocong untuk menyelesaikan suatu kasus tertentu.



Tak hanya itu saja, beberapa tahun silam di kawasan ini juga pernah heboh dengan adanya fenomena jenazah yang utuh walau sudah dimakamkan selama belasan dan puluhan tahun silam.

    View Video - Makam Sunan Bejagung Part 1

Makam Sunan Bejagung Lor sering didatangi oleh para peziarah untuk berbagai keperluan seperti wisata religi, wisata sejarah, wisata budaya , wisata minat khusus dan sebagainya. 


Makam ini berlokasi di Desa Bejagung Kecamatan Semanding yang berjarak sekitar  3,5 km arah selatan dari pusat kota Tuban.


Di bagian depan tampak bangunan kuno berupa Gapura Supit Urang  dengan bentuknya yang khas sebagai pintu masuk utama menuju ke makam Sunan Bonang. 


Setelah itu terdapat bangunan masjid Sunan Bejagung. Di sekitar masjid itulah dulu pernah ada jenazah yang utuh walau sudah terkubur sekian tahun lamanya saat makam itu dibongkar dan akan dipindah jenazahnya.




Setelah itu terdapat bangunan pendapa Makam Sunan Bejagung dengan bentuk gapura dan pendapanya yang kuno. Gapura itu diantaranya tersusun dari tumpukan batu bata kuno dan untuk pendapanya beratapkan daun rumbia. 


Tak jauh dari pendapa ini terdapat empat gapura kecil sebagai jalan menuju ke Makam Sunan Bejagung. Untuk gapura yang terakhir terbuat dari kayu dengan ornamen ukir-ukirannya. Kesemuanya memiliki pintu masuk yang cukup rendah sehingga harus merundukkan badan jika memasukinya.


Untuk makam Sunan Bejagung berada dalam bangunan cungkup yang modern dengan bentuk seperti bangunan rumah. Makam itu senantiasa tertutup setiap harinya dan hanya orang-orang tertentu yang diijinkan untuk masuk ke dalam cungkup makam.Di sekitar makam Sunan Bejagung yang banyak terdapat makam kuno itulah para peziarah memanjatkan doa pada Sunan Bejagung.




Di bagian halaman luar makam Sunan Bejagung terdapat pemakaman umum bagi warga desa Bejagung. Di antara makam-makam itu terdapat cungkup makam kuno Sunan Mruwut beserta istrinya. Sayang masih belum jelas siapa sebenarnya Sunan Mruwut itu dan apa hubungannya dengan Sunan Bejagung.


Ada juga sebuah sumur kuno yang dikenal dengan nama Sumur Gemuling yang keramat dan airnya dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu. Air dari sumur dengan dasar yang sangat dalam inilah yang dulu juga menjadi bagian dari ritual sumpah pocong di Makam Sunan Bejagung ini.


Selain makam Sunan Bejagung Lor, juga ada makam kuno lainnya yaitu makam Sunan Bejagung Kidul yang juga banyak didatangi oleh para peziarah. Berseberangan jalan dengan makam ini terdapat makam kuno Tjitrosoman . Sedangkan sekitar 500 meter dari makam ini terdapat situs Watu Gajah ( Batu Gajah ) yang konon berkaitan dengan sejarah Sunan Bejagung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar