Tips Hamil

Rabu, 25 Februari 2015

Al Qur'an Kuno Berusia 300 Tahun Di Gresik


Ada banyak Al Qur'an yan sudah berusia ratusan tahun di nusantara. Beberapa diantaranya bisa kita jumpai di Museum Sunan Giri yang berada di Kota Gresik - Jawa Timur. Di museum yang menyimpan koleksi benda-benda yang berkaitan dengan sejarah Sunan Giri itu terdapat beberapa Al Qur'an kuno yang ditempatkan dalam etalasa kaca.



Al Qur'an itu ditulis dengan tangan dan  berhiaskan ornamen yang bergaya klasik dengan menggunakan empat warna yaitu warna emas, coklat , biru dan hitam. 


Sedangkan motif hiasannya yang mendominasi halaman-halamannya berupa flora, sulur-suluran dan ukir-ukiran dengan detail yang cukup rumit.


Koleksi yang berharga itu merupakan titipan barang wakaf dari masjid Ainul Yaqin - Sunan Giri yang berada di Desa Giri Kecamatan Kebomas dan masih berada dalam kawasan situs makam Sunan Giri.



Ada yang berbeda dengan tampilan Al Qur'an kuno itu yaitu sangat tebal baik secara keseluruhan atau per halamannya dan tentu saja tampak kusam dari segi kertasnya. 


Sedangkan untuk warna atau tinta warna yang digunakan masih tampak cemerlang.



Keberadaan Al Qur'an kuno itu menjadi salah satu daya tarik di museum.Selain Al Qur;an kuno, di museum Sunan Giri ini juga menyimpan kain surban kuno peninggalan Sunan Giri, aneka kain  kuno lainnya, keramik, batu lumpang, senjata, bedug , pelana kuda, lampu gantung dan sebagainya.



Museum ini terbuka untuk umum pada jam kerja dan tidak dikenai tiket masuk.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar