Tips Hamil

Kamis, 19 Februari 2015

Makam Para Dayang Siti Fatimah Binti Maimun Di Gresik


Ada banyak hal yang menarik di situs sejarah dan cagar budaya Makam Siti Fatimah Binti Maimun yang konon merupakan situs makam Islam tertua di nusantara dan berada di daerah Leran - Gresik, Jawa Timur. Di sana terdapat bangunan makam dengan bentuk cungkup yang khas karena unik dan berbeda.


Selain dindingnya cukup tebal dan berbahan dari batu putih, bentuk cungkup makamnya kotak dengan banyak lubang udara di dindingnya. Ukuran cungkup makam itu tidak terlalu luas yaitu sekitar 4 x 6 meter. 



Selain terdapat makam Siti Fatimah Binti Maimun, di sekitarnya terdapat makam dayang-dayangnya. Tentu bisa dibayangkan betapa cukup sempitnya ruangan di dalamnya karena terdapat lima makam.


Makam Siti Fatimah Binti Maimun berada tepat berhadapan dengan pintu masuk yang berukuran cukup rendah sekali sehingga peziarah harus merundukkan tubuhnya saat memasukinya. 



Makam itu berpagar besi dan berselubung kain kelambu. Batu nisannya berselubung kain berwarna hijau yang mengesankan nuansa sakral.


Berdekatan dengan makam Siti Fatimah Binti makam pada sisi timurnya terdapat makam dayang yang bernama Nyai Seruni. Sedangkan di sisi baratnya terdapat tiga makam yang berjejer yaitu makam Putri Keling , Putri Kucing dan Putri Kamboja.


Makam para dayang penjaga Siti Fatimah Binti Maimun itu tak berselubung kain kelambu. hanya terdapat kain berwarna putih yang menyelubungi batu nisannya. 


Selain  dijaga oleh dayang-dayang, Siti Fatimah Binti Maimun juga dijaga dan disertai oleh delapan pengawal lainnya yang 6 makamnya berada di sisi timur berjarak sekitar 75 meter dari makam dan 2 makamnya di sisi depan yang berjarak sekitar 40 meter dari cungkup makam Siti Fatimah Binti Maimun.




Makam-makam para pengawal itu juga cukup unik dan aneh karena masing-masing mempunyai panjang 9 meter. 



Entah ada misteri dan makna apa yang menjadikan makam-makam itu memiliki ukuran panjang makam yang berbeda dengan ukuran makam pada umumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar