Tips Hamil

Jumat, 27 Februari 2015

Memorabilia Rokok Kretek di House of Sampoerna


House of Sampoerna, begitulah nama bangunan gedung kuno yang indah dan megah di Jalan Taman Sampoerna - Surabaya. Bangunan yang menyerupai benteng itu juga dikenal dengan nama Museum Sampoerna.


Sesuai dengan namanya, museum itu menyimpan koleksi aneka benda yang berkaitan dengan sejarah industri rokok Sampoerna yang terkenal di Indonesia. 

 
Benda-benda itu ditata secara apik menurut temanya dengan penataan cahaya yang bernuansa hangat dan elegan. 



Menariknya lagi, museum ini menempati bangunan yang sama sebagai pabrik rokok itu sejak masa lampau dan tetap digunakan hingga saat ini.



Pada hari dan jam kerja, dari kejauhan di lantai dua dan dibatasi dengan kaca, wisatawan bahkan bisa menyaksikan para pekerja industri rokok dalam beraktifitas.



House of Sampoerna ini terdiri dari beberapa ruangan. Ruangan yang pertama menyimpan koleksi berupa foto-foto lama dan koleksi benda-benda pribadi seperti pakaian, meja dan kursi, keramik kuno, aneka piala dan kristal dan sebagainya.


Ada juga koleksi berupa pajangan replika kios kecil tempat Liem Seeng Tee dan istrinya berjualan saat merintis dan mengawali usaha Sampoernanya menjadi besar.


Aneka jenis tembakau, cengkeh, rumah penyimpanan tembakau dan alat perajang tembakau juga ada di ruangan ini.



              View Video - Brankas Kuno

Di ruangan kedua menyimpan koleksi berupa aneka kemasan korek kuno , brankas kuno, foto-foto dan lukisan . 


           View Video  - Mesin Cetak Kuno

Sedangkan di ruangan ketiga menyimpan koleksi berupa memorabilia Marching Band Sampoerna yang terkenal pada era tahun 90-an , mesin cetak , tinta dan kertas kemasannya, peralatan laboratorium, kereta kuda, kios pracangan dan motor kuno.


Sedangkan di lantai dua terdapat ruangan untuk souvenir shop. Di ruangan inilah kita bisa menyaksikan para karyawan industri rokok kretek itu sedang bekerja. Sayang, aktifitas mereka saat bekerja itu dilarang untuk difoto.


Yang menarik, di dinding tangga menuju ke lantai 2 itu ada juga tempelan desain promo aneka produk rokok Sampoerna yang pernah beredar selama ini. 



      View Video - Surabaya Heritage Track

Di bagian luar pada sisi timur gedung utama ada rumah pribadi yang di halaman depan dan samping rumahnya terpajang koleksi berupa dua mobil kuno merek Rolls Royce milik Putra Sampoerna. Sedangkan di sisi barat ada bangunan lama yang menjadi kafe dan terdapat galeri di bagian belakangnya.




House of Sampoerna ini juga memberikan layanan wisata gratis bagi wisatawan dengan berkeliling kota Surabaya melalui program Surabaya Heritage Track dengan aneka tema yang disesuaikan dengan momentnya. Wisata ini dengan menggunakan bis kecil yang lengkap dengan pemandu wisatanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar