Tips Hamil

Jumat, 11 Juli 2014

Jejak Kejayaan Kerajaan Majapahit Di Museum Majapahit

Berkunjung ke daerah Trowulan - Mojokerto seakan membawa kita mengenang kembali kejayaan Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan besar di Pulau Jawa pada masa lampau. Hal ini karena di Trowulan diyakini merupakan pusat dan lokasi dimana Kerajaan Majapahit itu berada.


Karena itu, tak mengherankan jika di Trowulan banyak terdapat situs kuno yang berkaitan dengan sejarah Majapahit. Baik yang berupa candi, relief, ornamen, artefak dan benda-benda bersejarah lainnya.


 Yang menarik, di Trowulan juga terdapat sebuah museum khusus yang bernama Museum Majapahit.Sesuai dengan namanya, museum Majapahit menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan Kerajaan Majapahit baik itu yang berasal dari daerah Trowulan dan sekitarnya atau dari daerah lainnya.



Sejarah berdirinya Museum Majapahit ini bermula dari pembangunan gudang penyimpan yang sederhana untuk mencegah pencurian dan penjarahan benda-benda bersejarah masa Kerajaan Majaphit. Museum ini didirikan oleh seorang arsitek dan arkeolog dari Belanda yang bernama Henri Maclaine Pont dan  Bupati Mojokerto, Kanjeng Adipati Ario Kromodjojo Adinegoro.


Museum Majapahit dengan luas lahan 57.625 meter persegi ini baru resmi dibuka pada tahun 1987 dan beberapa kali mengalami perubahan nama museum.


Berikut ini beberapa benda menarik pada masa kerajaan Majapahit  di Museum Majapahit :
1. Celengan Kuno


 

2. Patung Kuno Mini



3. Keramik kuno  



4. Arca Dewa Wisnu



 5. Rumah Majapahit



6. Batu bata dan paving stone kuno 



7. Relief Kala


8. Situs pemukiman kuno

 -------------



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar