Tips Hamil

Kamis, 10 Juli 2014

Koleksi Harimau Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Ada banyak hal yang menarik di kawasan Kelenteng Kwan Sing Bio di Kota Tuban – Jawa Timur. Selain bangunan kelenteng yang konon sudah berusia ratusan tahun dengan berbagai ornamennya yang indah dan menarik, di sana juga terdapat  satwa harimau yang diawetkan.


Harimau awetan itu ditempatkan dalam etalase kaca dalam ruangan altar Tri Nabi yang berada di sebelah timur bangunan kelenteng utama. Harimau itu berukuran panjang sekitar 2 meter.

Warna bulunya tampak putih entah karena sudah berusia sekian tahun lamanya atau karena faktor lainnya.


Selain harimau awetan juga terdapat aneka benda kuno lainnya seperti  jam lonceng, lukisan dan sebagainya. Sedangkan pada altarnya terdapat patung Tri Nabi yaitu Budha, Kong Hu Cu dan Lao Tse.



Karena merupakan bagian dari tempat untuk ibadah, selain umat Tri Darma tidak diijinkan masuk ke dalam ruangan altar ini.



Ruangan altar Tri Nabi memiliki pintu masuk berbentuk lingkaran. Pada bagian kanan dan kirinya terdapat ornament yang berupa singa batu. 

Dinding depannya berrongga  yang berbentuk kotak dengan hiasan ornament berbentuk lingkaran dan Naga di bagian tengahnya.

Bila malam hari dan dengan cahaya penerangan lilin-lilin dari bagian dalamnya, dinding Naga itu tampak sangat indah dan fotografis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar