Tips Hamil

Selasa, 01 Juli 2014

Langgar Bafadhol Yang Legendaris Di Surabaya

Melintas di kawasan sekitar wisata Religi Makam Sunan Ampel di Kota Surabaya, ada sebuah langgar atau mushola yang bangunannya cukup kecil. Sepintas, tak ada yang menarik dengan langgar itu.Selain itu  langgar juga tampak kusam dengan banyaknya jamur dan kerak pada bangunannya.



Tetapi siapa sangka jika langgar itu sangat legendaris di Surabaya karena merupakan bangunan kuno jejak Islam pada masa lampau. Nuansa klasik sangat terasa pada arstitektur bangunan langgar itu dan berbagai ornamen di dalamnya.


Menurut Pak Tuki, salah satu pengurus langgar, tak ada banyak perubahan pada bentuk dan ornamen pada bangunan langgar.Langgar Bafadhol ini berlokasi  di sekitar Jl. KH Mas Mansur atau dulu terkenal dengan nama Kampementstraat, yang berjarak sekitar 50 meter dari gerbang kawasan wisata religi makam Sunan Ampel.



Dulu pada awal berdirinya langgar ini, terdapat gerbang atau gapura masuk ke jalan tersebut. Gapura itu berbentuk dua buah lengkungan besar di bagian tengah yang diapit oleh dua buah lengkungan kecil.




Pada bagian atas gapura gerbang terdapat tiga tiang bendera. Ada pula simbol kerjaan Belanda di bagian tengahnya dan dua buah patung singa kecil di kanan dan kirinya. 


Entah sejak kapan dan apa alasan kenapa gapura itu dirobohkan. Yang pasti, membandingkan keadaan gapura lama tersebut dengan kondisi saat ini yang tanpa gapura seperti lebih indah keadaan dengan adanya  gapura yang lama.



Di kawasan sekitar Langgar Bafadhol ini banyak terdapat bangunan lama lainnya. Beberapa diantaranya masih dalam bentuk aslinya. Kawasan sekitar langgar Bafadhol sendiri banyak dihuni oleh warga yang beretnis Arab , Jawa, Madura dan Tionghoa. 
 



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar