Tips Hamil

Senin, 21 Juli 2014

Serunya Berwisata Di House Of Sampoerna, Surabaya

Ada banyak museum di berbagai daerah di nusantara. Tetapi untuk museum yang satu ini sangat langka dan ekslusif karena hanya ada di kota Surabaya. Museum itu dikenal dengan nama House Of Sampoerna ( HoS ).



Sesuai dengan namanya, di museum itu kita bisa menyimak benda-benda koleksi yang berkaitan dengan sejarah industri rokok Sampoerna. 
 

Berada di sana, kita bisa mengetahui bahwa industri rokok raksasa itu ternyata diawali oleh pendirinya dengan berjualan tembakau secara asongan baik di kereta api atau dengan menggunakan sepeda ontel .


House Of Sampoerna berlokasi di Jalan Taman Sampoerna no 6 Surabaya yang berjarak sekitar 200 meter dari bangunan bekas penjara Kalisosok yang legendaris. 


Museum itu menempati bangunan asli pabrik rokok itu yang digunakan untuk memproduksi rokok sejak masa lampau dan masih aktif hingga kini.


Di sekitar bangunan gedung itu terdapat rumah kediaman keluarga besar Liem Seeng Tee sebagai pendiri industri rokok Sampoerna.  


Benda-benda yang berkaitan dengan Liem Seng Tee itu juga biasa dijumpai di ruangan pertama museum ini diantaranya berupa keramik kuno, sepeda ontel, foto-foto lama, piala dan kristal, perabotan meja, kursi dan almari dan sebagainya.


Sedangkan di ruangan yang ketiga diantaranya terdapat koleksi berupa mesin cetak kuno, peralatan cetak, aneka kemasan rokok Sampoerna dari masa ke masa, dan memorabilia Marching Band Sampoerna.


Sedangkan di ruangan pada lantai dua merupakan toko souvenir. Di lantai ini, dengan dibatasi oleh sekat kaca dan dari kejauhan kita bisa menyaksikan suasana dan cara kerja para karyawan dalam memproduksi rokok Sampoerna.


Yang menarik, di halaman luar museum juga terdapat koleksi berupa dua buah mobil kuno Rolls Royce milik salah satu putra dari Liem Seeng Tee. Mobil itu cukup unik karena memiliki nomer kendaraan berangka 234 yang identik dengan merek salah satu rokok andalan produksinya. Museum ini juga menyediakan layanan gratis wisata Kota Surabaya dengan Surabaya Heritage Track.


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar