Tips Hamil

Jumat, 04 Juli 2014

Misteri Patung Gajah Mungkur Yang Legendaris Di Gresik

Patung gajah itu sebenarnya cukup sederhana dan tak berbeda dengan patung-patung lainnya yang biasa menjadi ornamen hiasan di taman . Patung yang berwarna hitam dengan tinggi sekitar 1 meter itu  berada di taman dengan naungan pohon mangga yang besar dan rindang.



Walau tampak biasa dan sederhana, tetapi kisah tentang patung Gajah Mungkur itu sangat legendaris di Kota Gresik - Jawa Timur. Bila Anda berkunjung atau berada di daerah yang berjulukan sebagai Kota Santri, jangan heran jika setiap orang pada umumnya tahu tentang kisah Patung Gajah Mungkur yang melegenda dari masa ke masa.


Hal ini karena patung Gajah Mungkur itu berada di dalam kawasan rumah kuno yang sangat indah dan megah. Rumah yang berada di Jalan Nyi Ageng Arem-arem dan berjarak sekitar 500 meter dari pasar Ramayana - Gresik itu dikenal dengan nama rumah Gajah Mungkur juga karena adanya patung gajah itu.


Rumah Gajah Mungkur itu didirikan pada tahun 1896 dengan berarsitektur gaya kolonial . Dengan terdiri dari dua rumah yang berbeda dan warna merah, krem dan hijau tosca yang mencolok, bangunan Rumah Gajah Mungkur itu tampak berbeda dengan rumah-rumah lain di kawasan Pekelingan. Pada ornamen kaca di pintu depan tertulis nama H. Djaniya bin H Djaelan bin H Oemar., pedagang kaya pada masa lampau.


Patung Gajah yang dikenal dengan nama Gajah Mungkur itu menjadi kisah misteri tersendiri karena posisinya yang menghadap ke arah rumah dan membelakangi jalan raya. Posisi seperti itu dalam bahasa Jawa disebut Mungkur atau Mungkuri  yang artinya Membelakangi.


Keberadaan patung gajah dengan posisi yang unik itu seolah kisah misteri tersendiri. Ada yang beranggapan bahwa pada masa lampau patung itu ditempatkan dengan sengaja seperti itu seolah untuk melecehkan pedagang kaya lainnya yang ada di sekitarnya.


Tetapi pendapat seperti ini terasa kurang kuat karena sepertinya tak ada rumah pedagang lainnya di sekitarnya yang sama indah dan megahnya atau bahkan lebih indah dan megah daripada Rumah Gajah Mungkur.


Sedangkan pendapat lainnya mengatakan bahwa patung Gajah Mungkur ditempatkan dalam posisi seperti itu karena bisa langsung dilihat dan dinikmati oleh pemilik rumah dan keluarganya saat duduk bersantai di teras atau beranda rumah yang hanya berjarak sekitar 10 meter.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar