Tips Hamil

Rabu, 02 Juli 2014

Suasana Makam Sunan Ampel Di Bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan ternyata tidak mengurangi minat untuk melakukan kegiatan wisata religi dengan berziarah ke makam-makam ulama besar. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung di kawasan wisata religi makam Sunan Ampel yang berada di kota Surabaya.



Makam salah satu tokoh Wali Songo ( Sembilan Wali ) yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa pada masa lampau ini tetap didatangi oleh para peziarah, walau mungkin jumlah tidak sebanyak saat hari-hari biasa.

 

Aktifitas di makam Sunan Ampel terlihat ada pengunjung yang memanjatkan doa di sekitar makam Sunan Ampel. Begitu pula dengan aktifitas jamaah yang beribadah atau duduk menunggu di dalam masjid Sunan Ampel yang lokasinya berdekatan dengan makam Sang Sunan.



Sayang, untuk memotret di kawasan sekitar Makam Sunan Ampel ini tidak bisa leluasa karena cukup ketat dan seringnya petugas menegur dan melarang saat kita sedang memotret.


Mereka beralasan bahwa kawasan sekitar makam Sunan Ampel ini adalah situs cagar budaya dan situs sejarah yang tidak bisa dipotret secara leluasa.



Seperti makam Wali Songo lainnya, di sekitar Makam Sunan Ampel juga banyak terdapat kios atau toko yang menjual aneka dagangan berupa makanan, pakaian, aksesoris dan perlengkapan lainnya yang bernuansa Islami.


Dan tentu juga banyak berjualan aneka jenis kurma sebagai takjil untuk berbuka puasa. Berragam jenis kurma itu dijual dengan harga yang berkisar belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah.



Tak kalah menariknya, di sana juga banyak penjual kue Pukis Arab. Sesuai dengan namanya, kue ini dibuat oleh orang-orang yang beretnis Arab. 


Bentuk kue sepintas seperti kue pukis lainnya. Perbedaannya ukuran kue Pukis lebih besar dan harganya lebih mahal antara Rp 2.500 - Rp 3000 per buah.


Karena ukurannya yang jumbo, jika Anda memakan satu buah kue pukis Arab ini dijamin terasa cukup mengenyangkan. Uniknya, Pukis Arab ini hanya dijual pada saat bulan Ramadhan saja.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

1 komentar: