Tips Hamil

Sabtu, 12 Juli 2014

Masjid Ampel Yang Legendaris Di Kota Surabaya


Ada banyak masjid yang kuno dan bersejarah di nusantara. Salah satunya adalah Masjid Ampel yang legendaris dan berada di Kota Surabaya. Berjarak sekitar 2 km dari kawasan Jembatan Merah.


Sesuai dengan namanya, Masjid Ampel yang merupakan masjid tertua ketiga di nusantara ini berlokasi di kawasan wisata religi makam Sunan Ampel yang senantiasa banyak didatangi oleh para peziarah.



Menuju ke Masjid Ampel terlebih dahulu melewati Pasar Seng dengan deretan kios dan toko yang menjual aneka jenis barang yang bernuansa Islami seperti kurma, pakaian muslim, parfum dan sebagainya.


 

Dari kejauhan tampak menara dan bangunan masjid Ampel yang arsitekturnya bergaya klasik perpaduan budaya Jawa dan Arab. Selain itu juga tampak dari aneka ornamen masjid ini seperti bentuk pintu, pilar, jendela dan sebagainya.



Masjid Ampel memiliki luas 120 m x 180 meter dan dibangun pada tahun 1421 oleh Raden Achmad Rachmatullah yang lebih dikenal dengan nama Sunan Ampel.




Masjid ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Di masjid ini terdapat  16 tiang utama masjid yang terbuat dari kayu jati. Tiang-tiang tersebut memiliki  panjang 17 meter dengan diameter 60 centimeter dan 48 pintu. Panjang tiang tersebut ternyata memiliki makna tujuh belas jumlah raka'at shalat dalam sehari yang merupakan tiang agama Islam.


Dalam sejarahnya, Masjid Sunan Ampel sudah tiga kali mengalami perluasan dan pembanunan yakni tahun 1926, 1954, dan 1972. 

Di sebelah barat masjid Ampel ini terdapat makam Mbah Sonhadji yang dikenal dengan nama Mbah Bolong dan Makam Sunan Ampel.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar