Tips Hamil

Senin, 07 Juli 2014

Misteri Bungkusan Kain Di Masjid Syech Ibrahim Asmoroqondi



Sepintas, bangunan masjid itu tak berbeda dengan bangunan masjid lainnya. Tetapi ada hal yang menarik karena masjid yang berada di kompleks Makam Syech Ibrahim Asmoroqondi  sarat dengan  nuansa budaya Jawa. Masjid ini berada di daerah Gesikharjo, Kecamatan Palang atau sekitar  10 km arah timur dari pusat Kota Tuban – Jawa Timur.




Hal itu tampak dari ornamen-ornamen pada masjid yang berupa kayu dengan ukir-ukiran yang beraneka bentuk dan motif.  Ada yang bermotif flora dan sulur-suluran. Ada juga yang bermotif kaligrafi dalam huruf Arab.
 

Yang unik, pada beberapa bagian ornamen itu ternyata ada yang dibungkus dengan lembaran kain yang berwarna putih.Seperti halnya ornamen  yang ada di bagian atas pintu masuk masjid. Ornamen itu tampak dibungkus dengan kain putih yang mengesankan nuansa misteri dan  sakral. 



Banyak peziarah dan pengunjung yang beribadah di masjid itu merasa penasaran dan bertanya-tanya dalam benaknya tentang bungkusan kain putih itu. Ada yang beranggapan bahwa apa yang ada dalam bungkusan kain itu adalah benda yang sakral.


Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa bungkusan kain itu untuk melindungi ornamen ukiran yang ukuran dan motifnya cukup kecil, rumit dan detail dari sundulan kepala para peziarah atau bahkan jarahan dari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab. 


Entah apa dan bagaimana bentuk ornament yang misterius itu.


Sebuah tanda tanya besar lainnya adalah kalaupun hal itu untuk melindungi ornamennya dari sundulan kepala atau jarahan, kenapa pembuatan dan penempatan ornamen itu berada tepat di tengah pintu masuk masjid dan hanya sejangkauan tangan saja?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar