Tips Hamil

Selasa, 01 Juli 2014

Mobil Opel Kuno Bung Tomo Di Monumen Tugu Pahlawan

Sepintas, tak ada yang istimewa dengan mobil kuno yang berwarna hitam itu. Tak banyak aksesoris pada mobil. Tetapi melihat dari banyaknya orang yang berfoto ria dengan latar belakang mobil itu, tentu ada sesuatu hal yang menarik di sana.


Ternyata, mobil itu merupakan milik dari Bung Tomo, seorang pejuang dan Pahlawan Nasional yang legendaris di Kota Surabaya. Nama Bung Tomo sangat terkenal sebagai pengobar semangat heroisme para pejuang di Surabaya saat menghadapi tentara Sekutu dalam pertempuran 10 November 1945. 


 Mobil itu ditempatkan dalam naungan sebuah bangunan di antara taman dan rindang pepohonan. tak jauh dari mobil itu terdapat monumen patung para tokoh pejuang di Surabaya dan Museum 10 November.


Dari panel informasi disebutkan bahwa mobil kuno itu bermerk Opel Kapitan produksi Jerman pada tahun 1956 dengan nomer mesin K25L55-23585K. Mungkin merupakan mobil yang mewah pada masanya.Mobil itu bermesin 2,5 liter enam silinder. Tenaga yang dihasilkan 75 PS dengan tiga transmisi yang bisa mencapai kecepatan 140 km per jam. 



Ada kisah menarik tentang mobil itu sebelum menjadi koleksi di Museum 10 November ini. Mobil tersebut sebelumnya dititipkan pada Mas’ud , seorang warga Jalan Gatot Subroto, Malang. Di tempat ini mobil hanya  dibiarkan begitu saja di dalam garasi selama bertahun-tahun.



Kondisi mobil saat itu juga sangat memprihatinkan. Ada banyak karat  menggerogoti bagian mobil dan keempat rodanya juga sudah rusak.  Warna cat mobil yang sebelumnya berwarna biru kehitaman itu juga banyak yang terkelupas. 


Belum lagi dengan  beberapa aksesoris penghias dan penanda mobil yang  tidak lengkap karena raib.


Akhirnya pada bulan Ootober 2010,  putra Bung Tomo yaitu  Bambang Sulistomo menghibahkan mobil itu untuk koleksi monumen 10 November.


Selain mobil kuno itu, di Museum 10 November juga menyimpan koleksi benda-benda milik Bung Tomo seperti aneka senjata pertempuran, foto-foto lama, buku catatan, bendera dan sebagainya.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar