Tips Hamil

Kamis, 09 Oktober 2014

Misteri Dua Makam Sunan Bejagung di Tuban

Ada yang menarik di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding - Tuban, Jawa Timur. Di daerah yang terletak sekitar 4 km arah selatan dari pusat kota Tuban ini terdapat beberapa makam kuno yang dikeramatkan oleh warga setempat dan sekitarnya.


Diantaranya adalah adanya makam kuno yang dikenal dengan nama makam Sunan Bejagung, aulia dan ulama besar yang menyebarkan agama Islam di daerah Semanding pada masa lampau.


Yang unik, di daerah Bejagung ternyata terdapat dua makam Sunan Bejagung yaitu Makam Sunan Bejagung Lor dan Makam Sunan Bejagung Kidul. Kedua makam ini berjarak sekitar 400 meter yang dipisahkan oleh jalan kampung.


Sesuai dengan namanya, Makam Sunan Bejagung Lor yang merupakan Makam Syekh Hasyim Asyari berada di bagian utara ( Lor ). Sedangkan makam Sunan Bejagung Kidul yang merupakan makam Syekh Hasyim Amaluddin berada di bagian selatan ( Kidul ).


Makam Sunan Bejagung Kidul berada dalam naungan bangunan cungkup di bawah pepohonan yang besar dan rindang seperti pohon jati, pulai, dan sebagainya. Makam ini juga dikenal dengan nama Makam Pangeran Penghulu ( Putra Prabu Hayam Wuruk ). Beliau merupakan murid sekaligus menantu dari Syekh Hasyim Asyari ( Sunan Bejagung Lor )




Berbeda dengan makam Sunan Bejagung Lor yang cukup banyak dikunjungi peziarah karena lokasinya yang berada tak jauh dari jalan raya, untuk makam Sunan Bejagung Kidul ini hanya didatangi oleh beberapa peziarah saja. Selain itu di sana juga tidak terdapat situs berupa sumur kuno.



Menurut Pak Mudri sebagai juru kunci makam , makam Sunan Bejagung Kidul ini banyak didatangi oleh peziarah dari daerah Bojonegoro. Kedatangan mereka sebagai bagian ikhtiar atau upaya untuk berbagai tujuan dalam hal usaha, pekerjaan, kesehatan , keturunan dan sebagainya.

Selain pepohonan yang besar dan rindang, di sekitar makam Sunan Bejagung Kidul ini terdapat tumpukan  batu bata kuno.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar