Tips Hamil

Sabtu, 31 Januari 2015

Bedug Raksasa di Masjid Agung Tuban

Ada hal yang baru dan menarik di MasjidAgung Tuban - Jawa Timur. Pada bagian halaman depan kwasan masjid yang indah dan megah ini terdapat payung-payung raksasa yang berfungsi sebagai peneduh bagi pengunjung dan jamaah masjid . 


Keberadaan payung-payung raksasa itu mengingatkan pada payung serupa di Masjid Agung di Kota Semarang.


Selain itu , ada juga ornamen Bedug Raksasa yang berukuran sangat besar. Bedug itu ditempatkan pada ruangan di sisi utara masjid . Lembaran kain sebagai tirai atau kelambu tampak menyelubunginya.



Bedug Raksasa itu dicat warna hijau tua. Pada bagian tengahnya terdapat lafadz  Allah, Muhammad dan kaligrafi.Bedug Masjid Agung Tuban ini dibuat pada tgl 05 Nopember 2013 ( 1 Muharram 1435 H ) dan mulai dipergunakan pada tgl 25 Oktober 2014 M ( 1 Muharram 1436 H ).


Bedug yang berukuran panjang 315 cm, diameter tengah 235 cm dan diameter kanan - kiri  186 cm ini dipukul setiap hari Jum'at dan hari-hari besar Islam. Sayang, tak ada informasi tentang siapa pembuat bedug itu dan berapa dana yang dibutuhkan untuk pembuatannya.


Keberadaan bedug Raksasa ini menjadi salah satu daya tarik Masjid Agung Tuban. Karena itu, tak heran jika ada banyak pengunjung dan jamaah masjid yang menggunakannya untuk spot berfoto. Salah satunya adalah Ezha , teman saya dari Paciran Lamongan yang tampak sangat antusias saat berfoto di dekat bedug raksasa itu.

1 komentar: