Tips Hamil

Senin, 02 Februari 2015

Lukisan Kuno di Kelenteng Hok Swie Bio - Bojonegoro



Ada yang menarik dan berbeda di Kelenteng Hok Swie Bio di kota Bojoneoro – Jawa Timur. Di kelenteng ini terdapat pajangan banyak lukisan yang bernuansa klasik atau kuno. Lukisan-lukisan itu terpajang pada dinding-dinding ruangan bagian depan kelenteng. Selain itu juga terdapat pada dinding ruangan kantor kelenteng.



Lukisan warna  hitam dan putih itu tampak khas karena mirip dengan gambar-gambar yang ada di buku Komik atau buku cerita lainnya. Cara melukisnya juga tampak sederhana dengan hanya menggunakan media lembaran kertas atau langsung digambar pada dindingnya. 




Sedangkan media pewarnanya menggunakan tinta hitam. Sayang di semua lukisan itu tak tertulis data siapa nama pelukisnya dan kapan tanggal lukisan itu dibuat. Mayoritas lukisan dalam format bingkai berbentuk kotak. Ada yang dalam format berbentuk lengkung.




Tema lukisannya juga sederhana mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari pada masa lampau  Beberapa lukisan tampak menggambarkan sosok yang mirip dengan karakter Kwan Sing Tee Koen ( Kwan Kong ) dalam berbagai aktifitasnya.



Sayang, beberapa lukisan itu sudah tampak kusam. Ada juga yang sudah samar-samar lukisannya karena terkelupas kertas atau lapisan dindingnya. Bahkan ada juga yang tak berbentuk lukisan sama sekali karena semua bagiannya terkelupas dan rontok.



Lukisan yang sudah dalam keadaan rusak parah itu berada di dinding yang ada di ruangan Kantor kelenteng Hok Swie Bio. Beberapa lukisan lainnya tampak masih baru dibuat dan dilukis.

Mungkin dari pihak kelenteng Hok Swie Bie sudah berusaha untuk mengganti lukisan-lukisan yang rusak parah itu. Tetapi mungkin karena cukup banyaknya lukisan yang kusam dan rusak dengan pengerjaan yang tidak mudah, tentu pengerjaannya juga membutuhkan waktu lama.Belum lagi jika lukisan-lukisan itu dikerjakan oleh satu orang saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar