Tips Hamil

Selasa, 03 Februari 2015

Seramnya Makam Panjang 9 Meter Di Musim Hujan


Makam itu tampak aneh dan unik. Selain ukuran panjangnya mencapai 9 meter yang berbeda dan melebihi ukuran makam-makam biasa lainnya, juga karena di sana ada 8 makam panjang . Suasana seram dan keramat sangat terasa ketika saya berkunjung ke kawasan Makam Panjang.


Terlebih dengan Rimbunnya pepohonan, rumpun bambu dan semak-semak di sekitarnya. Belum lagi dengan tebalnya lapisan lumut di makam menjadikan suasananya seolah berada di dunia lain.


Begitulah yang saya rasakan saat berkujung ke Makam Panjang yang berada di Desa Leran, Kecamatan Manyar - Gresik. Makam ini berada di kawasan situs bersejarah Makam Siti Fatimah Binti Maimun yang legendaris dan berkaitan dengan sejarah Gresik . 7 makam berjarak sekitar 100 meter di sisi timur dan 2 makam lainnya berjarak sekitar 50 meter di depan makam Siti Fatimah Binti Maimun.



Keberadaan makam-makam Panjang di sekitar makam Siti Fatimah Binti Maimun ini karena merupakan makam dari para pengawal Siti Fatimah Binti Maimun.



Untuk makam panjang yang berada di sisi timur itu entah kenapa tidak berada dalam satu lingkup saja, tetapi terbagi dalam 3 kelompok dan dipisahkan oleh pagar tembok setinggi sekitar 50 cm. 


Tiga makam berada dalam satu pagar batu di sisi timur, dua makam dalam satu pagar batu di sisi barat dan 1 makam di luar dan tidak berpagar batu. Tampak pagar besi baru dipasang di makam panjang yang ada di luar itu.


Mereka yang dimakamkan di sana adalah Sayid Kharim, Sayid Djakfar, dan Sayid Sarif, Sayid Jalal Sayid Djamal dan Sayid Djamaludin. Sebagai makam kuno yang dikeramatkan, makam Panjang di Gresik ini juga cukup sering dikunjungi oleh para peziarah untuk berwisata religi atau wisata minat khusus lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar