Tips Hamil

Selasa, 03 Februari 2015

Batu Dakon Yang Unik di Makam Sunan Bonang


Batu Dakon, begitulah nama sebuah batu kuno yang ada di kawasan Makam Sunan Bonang, Tuban - Jawa Timur. Batu itu ditempatkan pada bangunan kayu disebut Bale Rante yang berada tak jauh dari gapura Makam Sunan Bonang.



Sesuai dengan namanya, Batu Dakon itu memiliki bentuk seperti Dakon , salah satu nama permainan tradisional dengan memasukkan biji-bijian atau bebatuan kecil pada lubang-lubangnya.


Tetapi berbeda dengan permainan dakon pada umumnya yang memiliki cukup banyak lubang, Batu Dakon di situs Makam Sunan Bonang ini hanya memiliki 7 lubang saja. Tiga lubang berukuran cukup besar dan dalam, 1 lubang kecil dan tiga lubang berupa cekungan kecil saja. 



Tidak jelas apa fungsi dan kegunaan Batu Dakon itu pada masa lampau. Bisa jadi untuk menumbuk atau menghaluskan jamu, bumbu-bumbu dan sebagainya.

Batu Dakon itu merupakan salah satu dari sekian banyak benda-benda peninggalan masa Sunan Bonang yang disimpan dalam dua bangunan bali Rante yang ada diantara makam-makam sekitar gapura Paduraksa makam Sunan Bonang.


Selain Batu Dakon, juga ada batu kuno lainnya yang dikenal dengan nama Batu Garit. Batu yang pada permukaan atasnya yang datar dan halus terdapat Garitan ( beberapa cekungan mirip  cakaran ).Tak jelas juga apa fungsi dan kegunaan Batu Garit itu.



Koleksi lainnya berupa batu-batu nisan kuno, kayu bekas bangunan dan sebagainya. Selain itu juga ada bangunan masjid kuno yang dikenal dengan nama Masjid Astana ( Sentono ). Masjid ini masih tetap baik dan terawat keadaannya sera masih difungsikan hingga saat ini.


Di bagian lainnya ada Sumur Qur'an yang legendaris di Tuban. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar