Tips Hamil

Jumat, 22 Mei 2015

Cara Sederhana Mencegah Komentar Spam Di Blog


Memiliki blog yang banyak pengunjung tentu sangat menyenangkan. Ada kebahagiaan tersendiri dengan banyaknya orang yang berkunjung dan membaca tulisan di blog. Tetapi sayang, di antara pengunjung blog itu ternyata ada yang tidak memiliki etika .



Mereka biasanya meninggalkan komentar-komentar dengan memberi link-link hidup yang menuju ke blog mereka. Tujuannya agar melalui link yang ada di komentar blog yang mereka tuliskan itu bisa membawa pengunjung banyak menuju ke blog mereka.

Bila komentar itu ada hubungannya dengan materi tulisan di blog mungkin masih bisa diterima dan dipahami. Tetapi ada juga oknum yang meninggalkan komentar-komentar spam dan link sampah yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan tulisan di blog.



Contohnya adalah oknum yang menggunakan nama Kambing Jantan di Google Plus. Bisa dipastikan pada setiap blog yang baru dipublikasikan melalui Vlog pasti ada komentar-komentar spam darinya. Spam yang dia tuliskan juga terdiri dari banyak link yang justru sangat mengganggu keindahan dan kebersihan blog.


Untuk mencegah komentar spam di blog ada cara yang sederhana dan mudah. Langsung saja ikuti caranya, ya :

1. Masuk dashboard akun blog Anda.
2. Klik menu Setelan lalu klik menu Pos dan Komentar
3. Pada menu Siapa yang dapat Mengomentari Klik Semua Orang
4. Ini yang Paling Penting : Pada menu Moderasi Komentar klik Selalu
5. Tulis email aktif Anda pada kotak Permintaan Moderasi
6. Pada menu Tampilkan Verifikasi Kata klik Ya.
7. Klik menu Simpan setelan di pojok kanan atas.

Sudah itu saja. Berbeda bila setingan blog itu belum dirubah seperti yang di atas, bila ada pengunjung blog yang meninggalkan komentar spam, komentar spam itu akan segera tampil di blog. Tetapi jika settingan komentar spam diaktifkan , komentar spam itu akan diberitahukan pada pemilik blog melalui email untuk dimoderasi terlebih dahulu.



Bila komentar yang dituliskan itu bukan merupakan spam, blogger bisa mempublikasikan komentar itu di blog. Tetapi jika komentar itu spam dan sangat mengganggu, segera hapus komentar itu sehingga tidak tampil di blog.

Mudah sekali, kan? Ayo segera lindungi blog Anda dari komentar spam. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar