Tips Hamil

Senin, 11 Mei 2015

Indahnya Air Terjun Bongok Di Tengah Hutan

Air Terjun Bongok bagaikan primadona baru di daerah Tuban - Jawa Timur. Banyak orang yang memperbincangkan namanya sebagai wisata baru yang sangat indah dan masih alami. 


Sebenarnya wisata ini sudah ada sejak lama. Tetapi karena lokasinya yang terpencil dan tanpa ada akses angkutan umum yang melewatinya, menjadikan tak banyak orang yang tahu tentang Air terjun Bongok.

Sejak ada beberapa orang pegiat media sosial yang berkunjung ke sana dan mengunggah foto-foto keindahan panorama alamnya di internet, menjadikan banyak orang yang tahu tentang Air Terjun Bongok. 


Mereka kemudian mendatangi wisata ini dan kebanyakan mereka kagum dan memuji tentang indahnya wisata alam tersebut. Air Terjun Bongok ini berada di dalam hutan pada Petak 104 G dengan luas 87 Hektar dalam kawasan RPH Kebon Agung BKPH Merakurak dan KPH Tuban. 


Sebenarnya cukup mudah untuk menuju ke Air Terjun Bongok. Tetapi sayang karena tak ada papan petunjuk arah ke sana, menjadikan perjalanan ke sana terasa sangat membingungkan. Kita harus mau banyak bertanya ke warga setempat karena juga begitu banyaknya persimpangan jalan yang harus dilalui.



Belum lagi dengan lokasinya yang berada di dalam hutan dengan melewati ladang jagung, cabai, kayu putih , singkong dan sebagainya. Untunglah warga setempat ramah dan bersedia memberi informasi tentang perjalanan dan arah menuju ke air terjun Bongok.



Di sekitar air terjun ini banyak terdapat pepohonan yang besar dan rindang. Tanaman semak dan lontar juga banyak terdapat di sana. begitu pula dengan kawanan monyet liar tampak berkeliaran di sekitar lokasi.



Air terjun ini seolah terbagi menjadi dua bagian yaitu air terjun utama dengan arus airnya yang cukup deras dan biasa digunakan untuk berenang dan melompat dari bagian atas air terjun. Di bagian tengah air terjun ini terdapat sebatang pohon yang bersandar di air terjun. Pohon itu berasal dari pohon yang roboh dan kayunya hanyut terbawa arus banjir hingga jatuh dan tersangkut di air terjun Bongok.



Keberadaan batang pohon itu di satu sisi memang bisa digunakan sebagai semacam tangga untuk naik ke atas air terjun bagi mereka yang bermain dan berenang di sana. tetapi di sisi lainnya tampak cukup mengganggu keindahan untuk pemotretan panorama alam di sana.

Sedangkan bagian lainnya dengan air terjun yang cukup kecil biasa digunakan untuk membersihkan diri.Di dekat area parkir terdapat beberapa makam kuno. Salah satu di antaranya merupakan makam Ki Singonegoro yang dikeramatkan oleh warga setempat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar