Tips Hamil

Jumat, 08 Mei 2015

Semaraknya Aksioma Jawa Timur 2015 di Kota Tuban


Suasana tampak ramai dan semarak di alun-alun kota Tuban - Jawa Timur, pada hari Jum'at tgl 8 Mei 2015. Di sana berkumpul banyak orang yang terdiri dari pelajar , guru dan pejabat pemerintah termasuk Menteri Agama,  Lukman Hakim Saifuddin.


Hari itu diadakan pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) ke-9 Madrasah Aliyah (MA) se Jawa Timur. Acara dibuka dengan defile kontingen dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Sedangkan peserta lomba secara keseluruhan terdiri dari 2028 peserta dan didampingi oleh 766 guru pendamping.


Yang menarik, defile yang dilakukan di dalam kawasan alun-alun kota Tuban itu juga menampilkan aksi beberapa gadis cantik yang berpakaian yang indah seperti yang ditampilkan dalam kegiatan pawai atau karnaval. Selain itu juga ada pentas tari tradisional.



Dalam acara itu, Menteri Agama melakukan penekanan sirine dan pelepasan balon sebagai tanda dibukanya Aksioma Jawa Timur 2015. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand kontingan peserta yang menampilkan produk makanan, souvenir, pakaian, karya inovatif dan sebagainya.



Dalam sambutan pembukaannya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin diantaranya mengatakan tentang pentingnya memasyarakatkan Madrasah Aliyah dan memadrasahkan masyrakakat.Menurutnya, madrasah berdiri dan tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat demi mengembangkan sumber daya manusia yang Islami. 

Madrasah sekarang tumbuh dengan pesat seiring dengan perkembangan zaman, Ilmu pengetahuan dan teknologi, bahkan madrasah saat ini mengalami lompatan yang luar biasa dalam perkembangan pendidikan nasional.



Menteri Agama berharap , selain sebagai ajang olahraga dan seni, dengan Aksioma ini semoga dapat berfungsi juga sebagai olahrasa dan bermakna strategis dalam membentuk siswa yang berprestasi dan kompetitif. “Madrasah  untuk Indonesia yang bebas dari tawuran, seks bebas, ajaran-ajaran ekstrim,“ harap Menag.
 

Sedangkan menurut Kakanwil Jatim Mahfudh Shodar, kegiatan Aksioma ke- 9 Madrasah Aliyah ini berlangsung di Tuban selama 4 hari mulai dari tanggal 8-12 Mei 2015 yang mengusung tema “Dengan Aksioma ke- 9 Madrasah Aliyah Se Jawa Timur, kita tingkatkan prestasi dan jiwa nasionalisme yang didasari Akhlaqul karimah”.

”Untuk lokasi yang kita persiapkan ada beberapa tempat, antara lain di Gor Rangga Jaya Anoraga, MAN Rengel, Lapangan Semen Gresik, dan Alun-alun Tuban,” terang, Sekretaris Umum Aksioma ke-9 Saifuddin Yulianto.


 ”Untuk cabang kejuaraan, ada 18 cabang antara lain, MTQ, Fahmil Qur”an, Pidato Bahasa Arab dan Iinggris, Festival Musik Band Islami,Cipta Puisi Kandungan Al Qur’an. Selain itu, juga Desain Grafis, Kaligrafi, Khifdlil Qur’an, Atletik Lari 100 M dan 400 M, Futsal,Tenis Meja, Volly Ball, Catur dan Batminton,” ujarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar